Sederet Bahaya Ketika Cadangkan Data WhatsApp di G-Drive atau iCloud

0
471
WhatsApp Back-up
Copyright©mobilesyrup

Perhatikan Keamanan Akun WhatsApp

Oketekno – Seperti yang kalian ketahui bahwa layanan WhatsApp merupakan aplikasi terpopuler di Dunia, dimana memiliki sistem pencadangan yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga pesan dan segala file yang diterima agar tidak hilang ketika ganti nomor ataupun perangkat sekalipun.

Akan tetapi pengguna harus tahu bahwasanya sistem pencadangan file seperti ini benar-benar tidak aman. Dikarenakan layanan W.A tidak memiliki sistem enkripsi dalam mekanisme pencadangannya, dan anak perusahaan Facebook ini juga sudah lepas tangan ketika peralihan server.

Simak Nih: Pesan Suara WhatsApp Kini Bisa Diputar Meski Layar Terkunci

Memang sih selama masih dalam aplikasi WhatsApp, data pesan ataupun file foto dan semacamnya akan aman dan sulit untuk dilakukan peretasan, karena ada sistem enkripsi yang melindunginya. Akan tetapi kalau sudah dialihkan ke Google Drive ataupun iCloud, sudah tidak bisa lagi.

WhatsApp Google Drive
Copyright ©Neurogadget

Sebagaimana yang dikutip dari laman BBC, data pengguna tidak akan bisa tercuri dengan mudah oleh para peretas meski sudah tersimpan di Cloud (penyimpanan awan). Melainkan mereka (peretas) harus mendapatkan akses terlebih dahulu terhadap akun cloud penggunanya.

Ketahui Yuk: Beberapa Aplikasi Stiker WhatsApp yang Bisa Bikin Chatting Makin Seru

Oleh karena itulah para pengguna harus memperhatikan dengan serius keamanan akun WhatsApp agar tidak mudah diterobos oleh peretas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah mengaktifkan semua sistem keamanan yang ditawarkan. Semisal seperti mengaktifkan verifikasi 2 langkah untuk menjamin keamanan akun.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut, nantinya akan ada konfirmasi dari nomor yang tertaut ketika ingin mendaftarkan terlebih dahulu akun barunya. Selain itu, pengguna juga sangat tidak disarankan untuk klik pesan yang dikirimkan oleh orang asing dan terkesan mencurigakan.

Kemudian langkah berikutnya yang bisa digunakan untuk menjamin keamanan akun WhatsApp yakni memastikan kalau kalian selalu menggunakan aplikasi resmi yang disediakan oleh perusahaan Facebook. Entah itu versi reguler ataupun Business di Play Store maupun App Store.

baca juga: Kalimat Perintah Baru Google Assisstant Untuk Aplikasi WhatsApp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.