2 Trik Paling Ampuh Untuk Mempercepat Loading di Aplikasi YouTube

0
469
YouTube Tanpa Buffering
Copyright©YouTube

Trik Meningkatkan Kecepatan Buffering di Aplikasi YouTube

Oketekno – Loading ketika streaming video di platform YouTube atau lebih sering disebut dengan Buffering memang menjadi salah satu hal paling menjengkelkan. Memang sih kalau masih di awal-awal kita bisa lebih bersabar, akan tetapi kalau di tengah tentu emosi akan meningkat.

Pasalnya ketika seru-serunya konten video yang tayang malah menjadi tidak seru dan menyenangkan lagi gegara buffering. Bukan cuman masalah koneksi internet saja yang menjadi pemicu dari lemotnya atau seringnya loading terjadi, melainkan beberapa hal lain juga dapat menjadi permasalahannya.

Simak Nih: 3 Tips Ampuh Mengatasi Koneksi Internet yang Lemot

Nah, ketika kalian melakukan streaming melalui aplikasi YouTube di Smartphone Android ataupun iOS, bisa langsung ikuti langkah berikut untuk memperlancar aktivitas streaming, sehingga tidak sering terjadi buffering.

Buffering YouTube
Copyright©Ist

Tips Memperlancar Streaming Video di Aplikasi YouTube

Bersihkan Cache (Riwayat Tontonan)

Dengan adanya cache memang sih kita dapat mengetahui apakah video tersebut sudah pernah diputar sebelumnya atau tidak. Selain itu ketika dibuka lagi juga tidak terjadi load lama terhadap video tersebut, akan tetapi apa gunanya kita menonton video yang sudah tertonton sebelumnya. Untuk itulah sebaiknya dihapus saja riwayat tontonannya.

Cara membersihkannya juga mudah, kalian bisa klik ikon akun YouTube kalian di pojok kanan atas layar>> Setting>> History & Privacy>> Clear Watch History. Selain itu, jangan lupa juga untuk membersihkan riwayat pencarian dengan klik “Clear Search History”.

Kualitas Video YouTube
Copyright©Ist
Sesuaikan Kualitas Video

Jangan memaksakan jaringan internet, kalaupun memang jaringannya tidak bisa maksimal maka kalian bisa pakai kualitas 480p atau 360p, jangan kebawah lagi karena kualitasnya akan benar-benar pecah dan itu tidak nyaman untuk ditonton guys. Akan tetapi kalau jaringannya mantap dan lancar bisa pakai 720p, 1080p, atau mungkin lebih tinggi jika mendukung.

Untuk penyesuaian kualitas ini bisa kalian temukan ketika memutar video di aplikasi YouTube. Secara default memang akan menyesuaikan secara otomatis terhadap kualitas jaringan, tapi agar lebih lancar bisa langsung tentukan berapa yang diinginkan. Saat memutar video, ada ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas, klik dan kalian akan dapatkan beberapa opsi pengaturan. Pilih kualitas video, dan tentukan berapa yang diinginkan kualitasnya.

Seperti itulah kedua trik ampuh untuk meningkatkan kecepatan buffering ketika melakukan streaming video di aplikasi YouTube yang dapat kalian terapkan. Selamat mencoba.

baca juga: Cara Mengubah Bahasa di Aplikasi YouTube Android dan iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.