Hidup Cashless, Ini Untungnya

0
377
Hidup Cashless
Copyright ©Dream

Keuntungan Hidup Cashless

Oketekno – Era kemajuan teknologi yang pesat seperti saat ini memicu berbagai perubahan gaya hidup. Sampai lima tahun lalu, kita belum melihat banyak pengguna transportasi online. Kini, transportasi online seakan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Tak hanya dari segi transportasi, perubahan besar juga terjadi di aspek transaksi jual beli.

Kini, mata uang yang berupa kertas dan logam juga dapat dikonversikan secara online untuk pembayaran digital, yang disebut transaksi non-tunai atau cashless. Masyarakat Indonesia saat ini sangat antusias dengan teknologi cashless ini karena infrastruktur pendukungnya sangat mudah dan dapat ditemukan dimana saja. Salah satunya melalui smartphone.

Penelitian Consumer Payment Attitudes Study yang dilakukan oleh Visa (2016) menemukan hasil bahwa dibanding lima tahun lalu, 34% masyarakat Indonesia membawa uang tunai lebih sedikit karena 71%nya lebih memilih menggunakan sistem cashless. Ada sekitar 59% juga mengatakan bahwa membawa uang tunai, terutama saat ini, tidak lagi dirasa aman.

Saat ini sudah banyak sektor bisnis yang mendukung sistem cashless ini bahkan hingga pelaku ekonomi kecil, meski belum secara keseluruhan. Sistem ini lebih mudah apalagi jika ingin bertransaksi barang-barang dengan harga yang cukup tinggi, tentu membawa uang tunai akan terasa merepotkan. Selain itu, ada sejumlah kelebihan yang ditawarkan sistem non-tunai ini. Berikut keuntungan yang akan kamu dapatkan:

  1. Pengeluaran Lebih Teratur

Pembayaran cashless mudah dilacak karena segala pengeluaran akan tercatat di sistem masing-masing fintech yang digunakan secara otomatis. Beberapa fintech bahkan memiliki fitur canggih untuk mengelompokkan pengeluaran tersebut  berdasarkan kategorinya, sehingga kita bisa memonitor berbagai transaksi. Hal ini bisa membantu merencanakan pengelolaan keuangan kita nantinya.

Transaksi dengan e-money atau kartu uang elektronik mungkin tidak memiliki fitur untuk mencatat pengeluaran yang dilakukan, tapi kenyataan adanya sejumlah  bisnis yang mendukung dan tidak mendukung transaksi dengan e-money bisa jadi peluang bagi kita untuk mengelola pendapatan dengan membaginya ke beberapa pos. Misalnya e-money hanya untuk pembayaran di swalayan saja. Ini bisa dilakukan agar pola pengeluaran tersistem dan teratur.

  1. Mudah dan Cepat

Uang elektronik berbentuk kartu yang disebut e-money telah diberlakukan di semua pintu tol sesuai kebijakan pemerintah Indonesia beberapa waktu lalu. Kamu tentu merasakan bedanya antri di gerbang tol dengan pembayaran manual dan pembayaran elektronik. Dengan pembayaran elektronik, tidak perlu lagi susah mencari kembalian sehingga transaksi berjalan lebih cepat dan efektif.

Saldo kartu e-money juga dapat diupdate melalui fitur Near Field Communication (NFC) di ponsel Android bagi yang memilikinya. Kemajuan teknologi saat ini memang mendukung atmosfer hidup cashless agar transaksi lebih cepat melalui kehadiran ragam infrastruktur menarik.

  1. Keamanan Transaksi Terjamin

Saat ini, tindak kejahatan semakin merajalela. Penting bagi kita untuk selalu waspada akan risiko tersebut menimpa kita. Salah satunya dengan tidak membawa banyak barang berharga dan uang tunai. Platform fintech saat ini bisa diakses dimana saja dan kapan saja sehingga kita dapat melakukan perlindungan dengan mengaktifkan password atau memblokir transaksi hanya dengan beberapa langkah mudah, jika terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya dirampok. Jauh lebih menenangkan daripada membawa uang tunai.

Layanan e-wallet dan internet banking juga bisa dilacak karena adanya sistem yang otomatis mencatat transaksi terakhir. Dengan begitu, transaksi illegal atau mencurigakan bisa dideteksi, serta memudahkan proses penyelesaian jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Promo dan Diskon Berlimpah Untuk Bantu Berhemat

Saat ini, penyedia layanan fintech juga banyak mengadakan promo dan diskon jika melakukan transaksi non-tunai menggunakan produk mereka. Tentunya kehadiran promo dan diskon bisa membantumu berhemat daripada bertransaksi secara tunai. Selain itu, adanya sistem poin dan reward yang biasanya mereka terapkan makin menarik perhatian publik, misalnya voucher atau diskon yang lebih besar lagi.

Layanan pembayaran digital seperti aplikasi fintech dan internet banking kini juga menyediakan layanan pembayaran tagihan melalui platform masing-masing, sehingga kita hanya perlu menekan beberapa tombol di smartphone untuk melakukan pembayaran tanpa harus keluar rumah dan mengantri. Mulai dari tagihan kartu kredit hingga premi asuransi bisa kamu bayarkan hanya melalui smartphone.

Bicara soal asuransi, pencarian produk juga dimudahkan lewat platform ini: asuransi jiwa, kesehatan,  atau keluarga? Semua dimungkinkan lewat genggaman, Menarik ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.