Fitur Batasi Pesan di Aplikasi WhatsApp Ternyata Efektif Kurangi Hoax Segini

0
457
WhatsApp Friend
Copyright ©The Straits Times

Tingkat Pengurangan Hoax Saat Diberlakukan Pembatasan Pesan di Aplikasi WhatsApp

Oketekno – Sudah menjadi hal yang wajar ketika suatu layanan yang memiliki jumlah pengguna sangat banyak akan dimanfaatkan untuk berbagai macam kegiatan, mulai dari penebar kebaikan hingga penyebaran berita Hoax. Akan tetapi Aplikasi WhatsApp sekarang ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam senjata untuk melawan berita palsu seperti itu.

Meski tidak mampu menangkal secara keseluruhan, paling tidak fitur yang ditawarkan oleh developer ini cukup efektif untuk mengurangi tingkat penyebarannya saja. Belum lama ini disebutkan kalau salah satu fiturnya yakni pembatasan pesan dianggap cukup efektif menurunkan angka penyebaran hoaks, yakni mencapai 25%.

Simak Nih: 2 Tips Paling Sederhana Balas Pesan Tanpa Online di Aplikasi WhatsApp

Perlu diketahui bahwa sebelumnya memang aplikasi WhatsApp sudah tidak bisa dengan mudah meneruskan pesan kepada banyak pengguna lagi, melainkan pengguna cuman diberikan kesempatan meneruskan pesan ke 5 penerima saja. Dengan demikian, mereka yang ingin menyebarkan informasi ke lebih banyak pengguna lagi harus melakukannya secara manual.

Copyright ©TribunNews

Bukan cuman itu saja, pihak WhatsApp juga telah melakukan penyaringan dan pengawasan secara berkala untuk memberantas akun-akun penebar hoax seperti itu. Hal ini telah disampaikan langsung oleh Sravanthi.

Ketahui Yuk: Serba-Serbi Fitur Blokir di Aplikasi WhatsApp

“Dengan membatasi penerusan pesan ke lima orang dan menutup dua juga akun secara global sudah berhasil mengurangi hoaks hingga 25 persen,” seperti itulah yang dikatakan oleh Sravanthi selaku Direktur Komunikasi WhatsApp Asia, sebagaimana dilansir dari media CNN Indonesia.

Untuk melakukan pendeteksian terhadap akun penebar hoaks seperti ini, pihaknya telah menggunakan alat kecerdasan buatan dengan bantuan sedikit tenaga manusia. Salah satu faktor yang menjadi paling diperhatikan yakni tingkat penyebaran pesan dari pengguna tertentu, kalau masih terlihat baru akan tetapi langsung mengirim banyak pesan, ini menjadi yang paling dicurigai.

Disisi lain, WhatsApp juga menjalin kerjasama dengan Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) RI dan sejumlah pihak untuk menawarkan edukasi terhadap masyarakat Indonesia terkait berita hoaks seperti ini. Jangan mudah percaya dengan informasi yang diterima, serta amati terlebih dahulu sebelum meneruskan pesan.

baca juga: Fitur-Fitur Aplikasi WhatsApp yang Bisa Jaga Privasi Penggunanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.