Harus Tau! Ternyata Fitur “Hapus Pesan” WhatsApp Ini Tidak Sepenuhnya Menghapus Loh

0
3210
WhatsApp Risk
Copyright ©Grid

Masih Ada Jejak File Foto Ketika Pesan WhatsApp Sudah Dihapus

Oketekno – Sejak beberapa bulan lalu, pengguna Aplikasi WhatsApp tidak lagi di khawatirkan tentang pengiriman pesan yang salah terhadap orang lain. Dikarenakan platform pesan instant terpopuler di Dunia ini menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapusnya setelah beberapa waktu terkirim ke penerima.

Akan tetapi sebagai jejak, bakal ada kolom pesan yang menyatakan “Pesan ini telah dihapus”, sehingga mereka si penerima bakalan tetapi tahu kalau ada yang salah kirim pesan terhadap dirinya. Namun penting untuk diketahui penggunanya bahwa sebenarnya fitur ini tidak bisa bersih menghapus setiap pesan yang dikirimkan loh.

Simak Nih: Fitur Batasi Pesan di Aplikasi WhatsApp Ternyata Efektif Kurangi Hoax Segini

Fitur “Delete for Everyone” pada aplikasi WhatsApp ini ternyata masih meninggalkan jejak file yang dikirimkan ketika pengguna tidak melakukan perubahan terhadap settingan penyimpanan ke Galeri. Dengan demikian, meski foto yang berhasil dikirimkan kemudian dihapus kembali oleh si pengirim, akan tetapi foto tersebut masih bisa terlihat oleh penggunanya melalui Galeri. Ini bisa saja terjadi di perangkat berbasis iOS ataupun Android.

Pesan ini telah dihapus
Copyright ©TribunNews

Dan benar saja, ketika dilakukan percobaan pengiriman file foto maka langsung tersimpan di Galeri (Android) atau Camera Roll (iPhone), dengan demikian pengguna bisa melihat foto yang baru saja dikirimkan ini meski status pesan yang ada di kolom percakapan menunjukkan “Pesan ini telah dihapus”.

Ketahui Yuk: Fitur-Fitur Aplikasi WhatsApp yang Bisa Jaga Privasi Penggunanya

Ketika kejadian ini dilaporkan kepada pihak pengembang Aplikasi WhatsApp, mereka tidak menanggung hal tersebut. Itu dikarenakan memang sistem di desain untuk menghapus pesan yang berhasil dikirimkan pengguna kepada temannya saja, tidak sampai intim hingga memori penyimpanan pengguna juga.

Akan tetapi pihaknya juga mempersiapkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menolak penyimpanan langsung terhadap galeri atau camera roll untuk setiap foto ataupun video yang dikirimkan dengan cara tertentu.

“Kami menyediakan opsi sederhana untuk membantu pengguna iPhone mengelola media yang mereka terima dari teman dan keluarga, sesuai praktik terbaik yang dibuat oleh sistem operasi. Jika pengguna memilih untuk menyimpan gambar ke rol kamera mereka, mereka disimpan di luar jangkauan fitur WhatsApp ‘Delete for Everyone’,” seperti itulah yang disampaikan oleh developer.

baca juga: Niat Hati Pamer Fitur, WhatsApp Langsung Kena Tikung Telegram

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.