Ramai Pembajakan Ponsel Lewat SIM Card, Indonesia Aman?

0
756
Copyright©Scarperunning

SIM Card Indonesia Aman dari Pembajakan

Oketekno – Sejak beberapa hari yang lalu publik dihebohkan dengan peretasan HP dimana dapat dilakukan melalui SIM Card saja. Termasuk di antaranya masyarakat Indonesia yang juga khawatir akan kejadian ini. Namun sekarang ini pengguna ponsel di Tanah Air sudah bisa sedikit lega, sebab Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menyatakan kalau status aman di Negara kita.

BRTI telah melakukan koordinasi terhadap para operator telekomunikasi di Indonesia, ketika ada pemberitaan mengenai potensi pembajakan ponsel oleh hacker hanya dengan melalui celah keamanan yang dimiliki oleh SIM Card, alias disebut dengan Simjacker.

Simak Nih: Ancaman Pengguna iPhone, Aplikasi Whatsapp Bisa Diacak-Acak Hacker?

Komisioner BRTI telah menjelaskan kalau Simjacker ini melakukan esksploitasi serangan dengan memanfaatkan binary SMS. Dimana cuman menggunakan fitur dari [email protected] Browser yang vulnerable dengan begitu mudah.

SIM Card Hacked
Copyright©latesthackingnews

“Secara keseluruhan, operator seluler di Indonesia sudah tidak menggunakan fitur dari [email protected] Browser, sehingga aman. Bagi yang masih menggunakan fitur [email protected] Browser, informasi yang kami terima sudah dilakukan blokir terhadap binary SMS,” seperti itulah yang dikatakan oleh I Ketut Prihadi Kresna, selaku menjabat sebagai Komisioner BRTI.

Ketahui Yuk: Trik Mudah Membuka Blokir Facebook Teman Layaknya Para Hacker

Perlu diketahui bahwa pembajakan ponsel melalui SIM Card ini telah ditemukan oleh AdaptiveMobile Security. Melalui Simjacker ini nantinya hacker alias peretas dapat memantau aktivitas dari korban tersebut. Nah, hacker cuman perlu mengirimkan SMS dengan kode-kode khusus terhadap targetnya untuk mengendalikan ponsel pengguna secara penuh.

SMS ini telah memanfaatkan celah keamanan yang dimiliki oleh [email protected] Browser di SIM Card. Dan untuk [email protected] Browser ini bukanlah fitur umum, melainkan cuman fitur yang cuman diketahui oleh pihak operator seluler yang berfungsi untuk menjalankan perintah tertentu saja, seperti penampilan pop-up, memutar nada, menjalankan browser, dan masih banyak lainnya.

Sebagaimana laporan dari AdaptiveMobile Security, celah keamanan SIM Card ini berpotensi menyerang terhadap lebih dari 1 miliar kartu SIM yang tersebar di 30 Negara, diantaranya yakni wilayah Amerika, Afrika Barat, Eropa, Timur Tengah, dan beberapa wilayah lain.

baca juga: Tips Mengatasi WhatsApp yang Kena Hack

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.