Biar Makin Susah Dibajak, Nih Caranya Lindungi Akun di Aplikasi WhatsApp

0
541
Whatsapp Cracked Down
Copyright ©Business Insider South Africa

Cara Melindungi Akun WhatsApp dari Pembajakan

Oketekno – Memang tidak mudah dilakukan oleh orang umum, namun sekarang ini tutorial pembajakan akun WhatsApp sudah tersebar dimana-mana sehingga penggunanya sering kali mengalami permasalahan kehilangan kendali atas akun yang dimilikinya.

Bukan cuman dari pihak luar saja, mungkin beberapa diantara teman dekat ada loh ternyata yang mencoba melakukan pembajakan akun milik kalian. Dengan demikian, untuk keamanan penting sekali agar ditingkatkan sehingga privasi tidak tersebar ke orang lain, yang berujung masalah fatal terhadap harga diri pengguna.

Simak Nih: Inilah 6 Negara yang Batasi Hingga Blokir Aplikasi WhatsApp dan Alasannya

Pada dasarnya aplikasi WhatsApp ini sudah dilengkapi dengan sederet sistem keamanan cukup canggih, sehingga pengguna tidak bisa dibajak dengan mudah oleh para peretas. Bukan cuman layanan enkripsi end-to-end saja, melainkan ada beberapa fitur lain yang memungkinkan untuk diaktifkan agar mendapatkan keamanan lebih baik.

WhatsApp Terapkan Verifikasi Dua Langkah
Copyright ©WhatsApp

Sebagaimana yang dikutip dari media Tempo, juru bicara Facebook Indonesia telah menyatakan kalau kemungkinan akun WhatsApp dilakukan pembajakan karena ada fitur keamanan yang masih belum diaktifkan oleh penggunanya.

Ketahui Yuk: Membandingkan Keamanan Aplikasi WhatsApp dengan Telegram

“Kemungkinan terbesar adalah peretas daftar aplikasi WhatsApp pakai nomornya pengguna. Dan karena fitur two factor authentication-nya tidak diaktifkan, jadi tidak ada proses verifikasinya,” seperti itulah yang dikatakan oleh Jubir Facebook Indonesia selaku induk perusahaan dimana menangani layanan Whatsapp juga.

Untuk mengaktifkan fitur autentikasi 2 faktor ini juga sangat mudah, dimana pengguna dapat membuka menu pengaturan terlebih dahulu. Buka aplikasinya dan klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas, kemudian tap menu pengaturan. Setelah itu pilih opsi akun, dan nantinya akan ada beberapa pilihan untuk membuat akun aman.

Kemudian kalian bisa klik pilihan verifikasi dua langkah, dan ketika kalian mengaktifkannya, akan diminta untuk memasukkan PIN atau password guna melakukan verifikasi ketika login ke aplikasi WhatsApp di perangkat lainnya. Dengan demikian, ketika ada orang lain mendaftarkan nomor kalian di perangkatnya, maka PIN verifikasi akan dikirimkan melalui pesan SMS, dan pengguna diminta untuk memasukkan PIN yang telah dibuat tadi.

baca juga: Tips-Tips Amankan Akun WhatsApp yang Harus Diketahui Penggunanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.