Kemampuan Kamera Huawei Mate 30 Tidak Lebih Baik Ketimbang P30?

0
247
Huawei Mate 30 Series Launch
Copyright©hindustantimes

Huawei Mate 30 Pro Lemah dalam Fotografi Ketimbang P30 Pro

Oketekno – Meski tengah mengalami permasalahan dalam berbisnis dengan sederet perusahaan asal Amerika Serikat, tidak membuat Huawei mengurungkan niatnya merilis ponsel terbarunya. Pekan kemarin diketahui perusahaan asal China ini telah meluncurkan Smartphone Premium Huawei Mate 30 series di Munich, Jerman.

Perubahan paling mencolok ketimbang pendahulunya secara fisik adalah kamera belakang, dimana sekarang telah disematkan pada area yang melingkar. Terlepas dari tampilannya yang menarik, bahkan lebih mengesankan ketimbang P30, lantas bagaimana hasil yang didapatkan oleh lensa kamera tersebut? Apakah mampu mengambil gambar dengan hasil lebih mantap ketimbang pendahulunya?

Simak Nih: Huawei Mate 30 Series Fix Tak Dilengkapi Aplikasi Google

Sepertinya tidak demikian, dikarenakan Huawei Mate 30 Pro tidak memiliki lensa ultra wide yang lebih besar ketimbang P30 Pro. Memang secara resolusi 40MP terlihat lebih meyakinkan, cuman bukaannya cuman f/1.8 saja, beda dengan P30 Pro yang cuman beresolusi 20MP tapi memiliki bukaan hingga f/2.2, sehingga mampu menangkap objek lebih luas.

Hasil Perbandingan Kamera Mate 30 Pro dan P30 Pro
Copyright©Istimewa | Credit by: KompasTekno

Begitu juga dengan aspek rasionya yang cuman 3:2 di Huawei Mate 30 Pro, ini lebih kecil jika dibandingkan dengan P30 Pro yang berada di angka 4:3. Sebagaimana pengujian yang telah dilakukan oleh media KompasTekno, seperti itulah hasil perbandingan dari kedua aspek rasio tersebut. Mungkin bisa jadi Huawei ingin meningkatkan kualitas Mate 30 Pro ini di sektor perekaman videonya, agar mendapat hasil yang baik ketika diuji oleh DxOMark mendatang.

Kemudian untuk lensa lain yang ada di P30 Pro akan tetapi tidak ada di Mate 30 Pro yakni telephoto zoom periskop 5x. Lensa tersebut telah digantikan perannya oleh kamera 8MP f/2.4, 80mm, OIS telephoto yang mirip seperti Mate 20 rilisan tahun kemarin. Dengan demikian, ponsel ini juga kurang begitu cocok ketika digunakan untuk mengambil gambar objek yang berada di jarak super jauh.

Untuk resolusi asli dari kamera wide dan ultra wide Huawei Mate 30 Pro ini memanglah 40MP, akan tetapi ketika digunakan untuk melakukan pengambilan gambar maka akan menggunakan settingan default 10MP. Ini bertujuan untuk meningkatkan hasil akhirnya menggunakan teknologi Pixel binning yang lagi nge-trend sekarang ini.

baca juga: Resmi Dirilis, Berikut Harga dan Spesifikasi Utama Huawei Mate 30 & Mate 30 Pro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.