Meresahkan! Duo Aplikasi Foto Populer Ini Akhirnya Dibuang dari Google Play Store

0
336
Dangerous Apps
Copyright©TechAdvisor

Google Play Store Putuskan Hapus Kedua Aplikasi Ini Sebab Meresahkan

Oketekno – Untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan juga keamanannya, Google Play Store terus melakukan pembersihan aplikasi secara berkala. Bukan cuman sederet aplikasi yang mengandung malware ataupun phising secara langsung saja, melainkan Google ingin membersihkan aplikasi Android dimana bisa membuat penggunanya resah.

Bukan aplikasi game berbahaya seperti yang dilaporkan sebelumnya, melainkan yang terhapus dari Play Store kali ini adalah aplikasi dimana bisa membantu mempercantik wajah penggunanya ketika melakukan fotografi ataupun selfie, alias masuk dalam kategori aplikasi kecantikan.

Simak Nih: Uninstall Segera! Aplikasi Populer Ini Dilenyapkan dari Google Play Store Karena Berbahaya

Dan untuk jumlah pengunduhnya sendiri tidaklah sedikit, sehingga menandakan kalau memang aplikasi tersebut begitu populer di kalangan pengguna Smartphone berbasis Android. Duo aplikasi Android yang dimaksudkan telah terhapus dari layanan Google Play Store ini diantaranya yakni Sun Pro Beauty Camera dan juga Funny Sweet Beauty Selfie Camera.

Selfie App Camera
Copyright©Gihosoft

Sun Pro Beauty Camera sendiri di toko aplikasi Google Play Store telah mendapatkan jumlah instalasi sebanyak 1jt kali. Sedangkan Funny Sweet Beauty Selfie Camera telah mendapatkan pemasangan sebanyak 500jt kali. Keduanya teridentifikasi telah menjalankan iklan pop-up yang mana malah bisa merugikan bagi penggunanya karena dipaksa untuk melakukan klik.

Ketahui Yuk: Google Play Store Diperbarui, Ini yang Berubah!

Selain itu, penayangan iklan yang memaksa di kedua aplikasi android tersebut juga telah mengandung adware. Seperti itulah yang disampaikan oleh perusahaan keamanan seluler Wandera. Kalau memang kedua aplikasi tersebut masih terpasang di perangkat pengguna, segeralah melepasnya karena bisa mengancam privasi dan juga data pemilik Smartphone Android.

Untuk sistem kinerja dari aplikasi ini sama seperti layanan terinfeksi lainnya, dimana ketika pengguna setelah selesai melakukan pemasangan, maka ikon akan menghilang dari app drawer saat shortcut dibuat. Dan kalau pengguna menghapus shortcut ini, aplikasi tetap akan menayangkan iklan di latar belakang, dimana bisa muncul kapan saja.

Bukan cuman itu saja, ketika berhasil dipasang maka aplikasi Sun Pro Beauty Camera juga akan menampilkan iklan secara penuh di layar ponsel pengguna, sehingga memaksa aplikasi tidak dapat terbuka. Sedangkan untuk Funny Sweet Beauty Selfie Camera hanya menayangkan iklan layar penuh ketika foto telah disaring diunduh menggunakan aplikasi saja. Oleh karenya, jangan keburu pasang aplikasi di Google Play Store terlebih dahulu sebelum memperhatikan berbagai macam komentar yang ada dibawahnya.

baca juga: Google Play Store Bersihkan Ribuan Aplikasi Android Berbahaya, Dua Game Populer Ini Termasuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.