Kehadiran Layanan Pembayaran WhatsApp Masih Lama di Indonesia

0
278
Pembayaran Digital WhatsApp
Copyright©DetikFinance

WhatsApp Pay Tidak Bakal Dibendung di Indonesia

Oketekno – Belanja secara online menjadi salah satu trending masa kini, pasalnya dengan melakukan pembayaran alias transaksi via online, barang langsung datang dengan sendirinya melalui kurir dalam beberapa waktu kedepan. Pembeli tidak perlu keluar ataupun bepergian kesana kemari untuk belanja, cukup sekali klik semuanya bakal terkirim.

Nah, untuk mendukung kenyamanan dan kemudahan dalam bertransaksi ini Facebook berencana untuk menjadikan layanan pesan instant terpopulernya itu menjadi media pembayaran juga. Untuk layanan pembayaran digitalnya itu nanti akan diberikan nama WhatsApp Pay, dan sebelumnya layanan ini juga sudah beroperasi dalam tahap uji coba oleh sejumlah kalangan masyarakat India.

Simak Nih: Biar Makin Susah Dibajak, Nih Caranya Lindungi Akun di Aplikasi WhatsApp

Sedangkan kehadirannya di Indonesia sepertinya bakal memakan waktu lebih lama lagi, dikarenakan harus ada beberapa hal yang perlu dipenuhi terlebih dahulu oleh Facebook Indonesia untuk menerapkan layanan pembayaran ini agar sesuai dengan peraturan yang berlaku di Tanah Air.

WhatsApp Money
Copyright ©FATbit Technologies

Berdasarkan informasi yang dilansir dari CNBC Indonesia, sampai sekarang ini Bank Indonesia masih belum menerima pengajuan izin terkait layanan WhatsApp Pay tersebut. “Kan masih rencana, belum ada (ajukan izin ke BI),” seperti itulah yang dikatakan oleh Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) bernama Filianingsih Hendrata.

Selain itu, Fili menjelaskan kalau WhatsApp Pay tidak akan dilarang alias dibendung untuk beroperasi di Indonesia menjadi Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) kalau memang sudah tunduk terhadap peraturan yang berlaku di Indonesia. “Ya pokoknya sesuai ketentuan. Kita lihat ketentuannya kaya apa. Terus nanti kita lihat komposisinya, kan semua harus sesuai ketentuan, misalnya kepemilikan. Nanti kita lihat, kan dia nanti akan sampaikan dokumen, kan semua ada aturannya,” ungkap Fili.

Melansir dari berita yang sudah beredar luas sebelumnya, dikatakan kalau layanan pembayaran WhatsApp Pay di Indonesia akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan layanan di India. Di Tanah Air mendatang, tidak akan layanan yang berdiri sendiri dari pihak Facebook Indonesia, melainkan menggandeng layanan yang sudah ada seperti OVO, Dana, Gojek, dan lainnya, sehingga tidak perlu lebih banyak ketentuan yang perlu diselesaikan.

baca juga: Inilah 6 Negara yang Batasi Hingga Blokir Aplikasi WhatsApp dan Alasannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.