Sistem Operasi Khusus iPad Sudah Bisa Diunduh, Begini Caranya!

0
344
iPadOS 13.1
Copyright ©9to5mac

Apple Resmi Rilis iPadOS 13.1

Oketekno – Bukan cuman menghadirkan iOS 13 saja, di tahun ini Apple mulai memecah sistem operasi untuk perangkat miliknya, antara iPhone dan iPad. Raksasa teknologi asal Amerika Serikat ini sebelumnya sempat mengatakan kalau iOS sudah terlalu berat, karena harus kompatible dengan 2 jenis perangkat sekaligus.

Sistem operasi khusus untuk perangkat iPad ini sudah diperkenalkan oleh Apple di bulan Juni kemarin, tepatnya dalam ajang WWDC 2019. Setelah melewati pengujian selama beberapa bulan, pada akhirnya sistem operasi ini telah resmi dirilis untuk produk Tablet besutannya, sistem operasi ini dinamakan iPadOS dan langsung ke versi 13.1.

Simak Nih: Apple Masih Punya 2 iPad yang Rilis di Tahun Ini

Terpisahkan dari iOS, iPadOS ini menawarkan perbedaan pada penampilannya dimana bertujuan untuk mempermudah penggunanya dalam menjalankan multi-tasking. Kemudian untuk ukuran ikon juga terlihat lebih besar, sehingga pengguna tidak akan kesulitan lagi untuk menekannya. Lalu ada pula optimasi terhadap tampilan mode malam, keamanan “Sign In With Apple”, dan sebagian besar aplikasi bawaannya juga mengalami sedikit penyesuaian.

iPadOS 13 View
Copyright ©9to5mac

Melansir dari media TechRadar, disebutkan kalau tidak semua perangkat iPad mendapatkan dukungan sistem operasi terbaru dari Apple tersebut. Beberapa Tablet Apple yang sudah cukup lama sejak pertama kali diluncurkannya tidak akan mendapatkan dukungan update iPadOS 13.1 berikut.

Untuk Tablet yang sudah tidak mendapatkan dukungan update kali ini diantaranya yakni seperti iPad Mini 2, iPad Mini 3, dan juga iPad Air. Sederet Tablet lama besutan Apple tersebut kedepannya akan tetap menjalankan sistem operasi iOS yang masih belum mendapatkan pengoptimalan dalam tampilan dan juga beberapa fungsi lainnya.

Bagi kalian yang merupakan pemilik perangkat iPad dan mendapatkan dukungan update iPadOS 13.1 ini, sangat disarankan untuk melakukan back-up data terlebih dahulu ke perangkat Komputer mengguankan aplikasi iTunes. Kalau memang sudah semuanya tercadangkan, maka selanjutnya yakni masuk ke Menu Settings>> General>> Software Update, dan silahkan untuk melakukan pengunduhan dan pemasangan iPadOS secara streaming alias Over The Air.

baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Web di iPad atau Tablet Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.