Lagi-Lagi, Samsung Kembali Tutup Pabriknya

0
470
Pabrik Samsung
Copyright ©SCMP

Samsung Tutup Pabrik di China 

Oketekno – Nama Samsung di pasar global memang masih baik, dan bahkan hingga sekarang masih menjadi brand Smartphone terlaris di Dunia. Akan tetapi sayang, kini tingkat popularitasnya mulai terancam, terlebih adanya akselerasi yang dilakukan oleh sederet vendor asal China.

Dikarenakan vendor lokal sudah menjamin kualitas ponsel dan menawarkannya dengan harga lebih terjangkau, menjadikan masyarakat China tidak tergiur lagi dengan Smartphone Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan itu terus mengalami penurunan jumlah penjualan di China. Hingga pada akhirnya, laporan terbaru menyebutkan kalau pabrik Smartphone terakhirnya kini juga tutup.

Simak Nih: Samsung Ciptakan Sensor Kamera dengan Pixel Terkecil di Dunia

Menurut laporan terbaru, mengungkap kalau Perusahaan Smartphone asal Korsel ini telah menutup pabrik Smartphone terakhirnya di Huizhou, China. Untuk penutupan ini menyusul pabrik sebelumnya yang juga sudah berhenti produksi sejak beberapa bulan lalu di Tianjin, atau lebih tepatnya pada bulan Desember 2018 silam.

Vietnam Samsung
Copyright ©Offshore Vietnam

Perlu diketahui bahwa untuk pabrik Smartphone Samsung yang bertempatkan di Huizhou ini telah berkontribusi terhadap 64 juta ponsel di tahun 2017 kemarin, dari total produksi ponsel secara global sebanyak 394 juta unit. Sedangkan di tahun 2011, pabrik tersebut malah mampu menghasilkan 70 juta unit ponsel.

Melansir dari GSMArena yang bersumber dari analis Cape Investment & Securities, Park Sung-Soon. Samsung di pasar China telah mengalami penyusutan, hingga kini cuman mendapatkan 1% saja. Sebagian besar konsumen mulai beralih ke produk lokal untuk ponsel terjangkau, sedangkan peminat ponsel Premium cenderung memilih produk Apple.

Walaupun sudah menutup pabriknya, bukan berarti Samsung sudah sepenuhnya hengkang dari bisnis Smartphone di China. Melainkan tetap menawarkan perangkatnya, cuman tidak lagi secara langsung diproduksi di lokal. Sedangkan untuk memperluas produksi ponsel agar target terpenuhi, perusahaan asal Korea Selatan ini bisa menggenjot pabriknya yang berada di Vietnam dan India. Dimana untuk kedua negara ini juga menawarkan biaya produksi lebih murah juga.

baca juga: Rilis dengan Tonjolkan Kemampuan Kamera, Segini Harga Samsung Galaxy A70s

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.