Google Sebut 14 HP Android Ini Mudah Sekali Diretas

0
1645
Malware Android
Copyright©PCMag

HP Android yang Tengah Rawan Keamanannya

Oketekno – Lagi-lagi tim keamanan Google yang terus beroperasi demi keamanan jaringan aplikasi dan internet Dunia yang bernama Google Project Zero telah menemukan celah di sistem operasi besutan perusahaannya sendiri, Android. Dengan demikian, sejumlah HP Android yang menggunakannya dari berbagai vendor seperti Samsung, OPPO, Xiaomi, Huawei, LG, hingga Pixel juga terdampak.

Untuk melakukan peretasan terhadap ke 14 HP Android yang dimaksudkan ini tidaklah sulit, dikarenakan hacker hanya perlu memasang aplikasi jahat atau mengeksploitasinya melalui web browser. Dan kalau memang berhasil, maka peretas sudah bisa langsung mendapatkan kendali penuh terhadap perangkat yang menjadi korbannya itu.

Simak Nih: 3 Tips Mempercepat Waktu Pengisian Baterai HP Android dan iOS

Rentan keamanan ini, disebutkan oleh Tim Google Threat Analysis kalau digunakan ataupun dijual oleh NSO Group. Dimana untuk NSO Group ini sendiri merupakan vendor Spyware yang berpusat di Israel dan baru-baru ini memang lebih dikenal namanya, dikarenakan telah berhasil memasang spyware (malware pengintai) di aplikasi WhatsApp.

Aplikasi Malware Detected
Aplikasi Malware Detected Copyright©CNN

Akan tetapi ketika dilakukan konfirmasi, ternyata NSO Group membantah akan tudingan tersebut. “NSO tidak menjual dan tidak akan pernah menjual kerentanan. Eksploitasi ini tidak ada hubungan dengan NSO; pekerjaan kami difokuskan pada pengembangan produk yang dirancang untuk membantu intelijen berlisensi dan lembaga penegak hukum menyelamatkan nyawa,” begitulah informasi resmi dari vendor tersebut, sebagaimana dikutip dari The Verge.

Ketahui Yuk: Punya 3 Kamera dan Baterai Monster, HP Android Sejutaan Ini Segera Hadir di Indonesia

Berkaitan dengan masalah ini, tim Android telah diberikan waktu 7 hari oleh tim keamanan Google untuk melakukan perbaikan. Dan kerentanan ini pertama kali diungkap oleh tim Android tanggal 27 September 2019. Sehingga untuk perbaikannya untuk publik sudah bisa diberikan pada bulan Oktober 2019 ini.

Tim Android juga telah menganggap sangat serius terhadap rentan keamanan yang mengancam pengguna HP Android ini. Oleh karena itu, pihaknya langsung bergerak cepat untuk memperbaikinya. Sedangkan daftar ponsel yang terancam terkena masalah tersebut diantaranya yaitu: Pixel 1, Pixel 1 XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Huawei P20, Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Redmi 5A, Xiaomi A1, Oppo A3, Moto Z3, Android Oreo LG phones, Samsung Galaxy S7, Samsung Galaxy S8, dan Samsung Galaxy S9.

baca juga: Punya Layar Super Lega dan Baterai 4.000 mAh, Hp Android Cuman Sejutaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.