Jika Peraturan Ini Disahkan Pemerintah, WhatsApp Bakal Terblokir di Indonesia

0
2468
WhatsApp Indonesia Flag
Copyright©Tech in Asia

WhatsApp dan Layanan Lainnya Bisa-Bisa Terblokir Karena Ini

Oketekno – Untuk kejadian kali ini bukan dari pemerintah Internasional ataupun peraturan dari Amerika Serikat yang merupakan negara asal platform WhatsApp. Melainkan peraturan dari Pemerintah Indonesia sendiri yang bisa mengancam layanan pesan instant terpopuler di Dunia itu.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Alfons Tanujaya, dilansir dari media detikINET. Disebutkan kalau RUU KKS (Rancangan Undang-Undang Keamanan dan Ketahanan Siber) ini serius dan sah untuk diterapkan, maka yang terjadi adalah tidak adanya kesanggupan menangani masalah yang bakal timbul.

Simak Nih: Facebook Ingin Perketat Keamanan WhatsApp, Pemerintah Kok Malah Meminta Sebaliknya?

Alfons menyebut kalau badan yang bakal mendapatkan mandat ini dikhawatirkan belum mampu menjalankan tugasnya dengan baik, ketika sudah tiba saatnya nanti. Hal itu dikarenakan “Aplikasi-aplikasi penting dan produktif yang dibutuhkan para pengguna internet Indonesia belum ada penggantinya.”

Aplikasi WhatsApp in Phone
Copyright©Okezone

Kemudian dalam keterangan lanjutannya, Alfons memandang kalau pengawasan dan pembatasan yang tercantum di RUU KKS ini mengambil skema yang mirip seperti Negara China. Dia berpendapat kalau Indonesia tidak mungkin dapat menerapkannya, dikarenakan jaringan internet di Tanah Air sudah tergabung dengan internet Dunia. Berbeda dengan China yang sudah dipusatkan dalam 1 pengawasan secara penuh.

Ketahui Yuk: Jadi Admin WhatsApp Menteri Presiden, Begini Sikap Menkominfo!

“Selain itu, layanan aplikasi populer semuanya menggunakan layanan yang terpusat di negara lain seperti WhatsApp, Google, Telegram, Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya. Misal Google Maps. Apakah pemerintah siap, layanan seperti Gojek, Grab dan lainnya yang memanfaatkan Google Maps lumpuh? Atau aplikasi yang pakai Facebook sebagai layanan login jadi lumpuh karena Facebook diblokir? Internet sudah menjadi suatu jaringan global yang tidak bisa diatur-atur dengan mudah,” Jelas Alfons.

Lalu, dikatakan pula kalau Pemerintah itu cuman menjadi bagian dari internet saja sekarang ini, dan masih belum mampu menjadi pemilik maupun pengendali internet. Dengan demikian, kalau masalah pembatasan seperti aplikasi WhatsApp, Facebook, hingga Instagram kemarin, tidak masalah untuk dilakukan. Namun kalau dalam jangka panjang, sepertinya tidak bisa dilakukan, karena belum ada layanan yang siap menggantikan platform besar seperti Google, Facebook, Microsoft, dan masih banyak lagi lainnya.

baca juga: 4 Tips Pulihkan Kontak WhatsApp yang Tiba-Tiba Hilang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.