Terungkap! Ini Penyebab Layanannya Down Menurut Bos Facebook

0
579
Facebook NPE Team
Copyright ©Fossbytes

Mark Zuckerberg Ungkap Masalah Layanannya Down

Oketekno – Beberapa pekan yang lalu layanan Facebook dan juga sederet layanan pendukung lainnya seperti WhatsApp dan juga Instagram mengalami masalah. Dan hal itu tidak terjadi cuman di Indonesia saja, melainkan sebagian besar wilayah yang mendapatkan akses ke sosial media tersebut.

Kalau pada saat demonstrasi yang kemarin, memang pemerintah Indonesia yang sengaja melakukan pembatasan terhadap layanan WhatsApp. Akan tetapi kalau sebelum-sebelumnya, terjadi sekitar 3x secara massal itu menimpa seluruh Negara yang bisa mengakses layanan itu.

Simak Nih: Ternyata! Ratusan Ribu Akun Anak di Facebook Tertarik Pada Konten yang Tak Senonoh

Dikarenakan masalah yang cukup merugikan para penggunanya ini, lantas pihak perusahaan meminta maaf kepada mereka. Pada saat itu, pihak Facebook cuman memberikan keterangan kalau masalah tumbangnya layanan miliknya itu dikarenakan masalah ketika proses maintenance. Namun, bagaimana menurut Mark Zuckerberg? Apakah sama juga alasannya?

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg; Copyright ©CNN

Beberapa waktu kemarin, telah terungkap sebuah rekaman dari pembicaraan orang nomor 1 di perusahaan Facebook tersebut. Dimana ia mengatakan kepada media tentang beberapa hal, dan salah satu yang disampaikannya pada saat itu yakni terkait tumbangnya layanan Fb, WhatsApp dan juga Instagram beberapa bulan lalu.

Pada intinya, kalimat yang disampaikan oleh Mark Zuckerberg ini sama saja dengan apa yang telah disampaikan oleh perusahaan sebelumnya. Hanya saja pernyataannya kali ini cukup diplomatis, sehingga terkesan lebih panjang daripada sekedar “pada saat proses maintenance terjadi, kami mengalami sedikit kendala.”

“Jadi hal-hal yang sebelumnya hanyalah sebuah hal kecil, sekarang menjadi hal-hal yang menyebabkan sistem runtuh, dan kita perlu mengubah cara kita bereaksi terhadap hal tersebut, dan lebih fokus pada keandalan sistem yang sedang dibuat. Jadi bukan hanya karena suatu hal teknis, melainkan kompleksitas pada sistem yang tengah berkembang. Jadi ya, ini masalah besar. Kami melakukan hal yang lebih buruk daripada sebelumnya.” Begitulah kata Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook.

baca juga: Tanda Kehadiran Dark Mode di Facebook Semakin Dekat, Begini Tampilannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.