Hati-Hati! Ternyata Factory Reset Smartphone Tidak Menjamin Data Hilang Sepenuhnya

0
476
Sedih Factory Reset
Copyright©technationnews

Data yang di Factory Reset Bisa Dikembalikan

Oketekno – Ketika hendak menjual ponsel, yang pasti kita tidak ingin dong data-data di dalamnya diketahui oleh orang lain? Dan sebelum melakukan transaksi, sangat disarankan untuk melakukan Factory Reset agar semua data yang ada di dalamnya hilang, terutama untuk data-data pribadi kita.

Namun ternyata, ketika kita melakukan Factory Reset ini belum sepenuhnya aman loh. Hal itu dikarenakan data yang baru saja kita hapus bisa dikembalikan oleh si pemegang HP setelah kita. Ini ada beberapa aplikasi dan cara yang dapat dilakukan untuk memulihkan data terhapus tadi.

Simak Nih: Tidak Sengaja Hapus Foto Kenangan? Tenang, Terapkan 2 Cara Mudah Ini

Sebagaimana dikutip dari detikINET, ketika kita menghapus data digital itu tidak sama seperti kita menulis dengan pensil dan dihapus menggunakan penghapus, sehingga tidak terlihat lagi. Melainkan layaknya Tip-X yang bisa menutupi tulisan lama, untuk kembali menuliskan data baru lagi di atasnya. Dan tentu saja kejadian ini dapat dibongkar lagi, sehingga data lama yang tertutup bisa dilihat meski samar-samar.

Factory Reset
Copyright©Unplash

Meski demikian, bagi kalian yang proteksi banget terhadap data pribadi, ada kok beberapa hal yang bisa dilakukan dalam Factory Reset tanpa menghilangkan jejak sama sekali. Caranya yakni dengan melakukan enkripsi data terlebih dahulu sebelum melakukannya. Ini bisa didapatkan melalui Setting>> Security>> Encrypt Data.

Ketahui Yuk: Cara Menyembunyikan Chatting WhatsApp di Android Tanpa Hapus Data

Akan tetapi kebanyakan Smartphone saat ini sudah menerapkan enkripsi ini secara default, sehingga kalian tidak perlu melakukannya sekalipun, sudah akan di enkripsi secara langsung. Dan ketika data ter-enkripsi sebelum terhapus, maka akan sangat sulit untuk dipulihkan kembali alias recovery.

Selain itu, untuk menjaganya lebih aman dan tidak dapat dipulihkan data pribadi kita. Kalian bisa melakukan factory reset paling tidak 2x. Jadi setelah kita enkripsi datanya, silahkan lakukan pengembalian ke pengaturan pabrik, kemudian isi memori ponsel dengan data nggak penting seperti foto dan video umum hingga memori hampir penuh. Setelahnya lakukan factory reset kembali.

Pada dasarnya dengan menerapkan langkah tersebut akan lebih aman, namun kalau ingin lebih mudah lagi kalian bisa menggunakan aplikasi penghapus data seperti Shredder yang bisa didapatkan gratis lewat Play Store. Aplikasi ini akan memecahkan file kalian menjadi part terkecil sebelum dihapus semuanya.

baca juga: Cara Percepat Smartphone Android & iOS dengan Membersihkan Data Grup WhatsApp

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.