Terkenal Aman, Ternyata iPhone Diam-Diam Juga Kirim Data Penggunanya Loh!

0
316
iPhone Girl
Copyright©picjumbo

Cuman Berlaku Untuk Pengguna iPhone di Negara China Saja

Oketekno – Beberapa kalangan lebih memilih untuk menggunakan perangkat Smartphone iPhone dengan alasan karena keamanannya. Apple memang menjaga banget tentang rahasia data penggunanya, berbeda dengan HP Android dimana rumornya lebih mudah terserang malware, terutama melalui aplikasi, dan juga pengintaian.

Namun sekarang ini sepertinya sudah seimbang untuk tingkat keamanan kedua jenis ponsel terpopuler ini, sebab Google juga sudah meningkatkan layanannya secara bertahap. Dimana Apple dan juga Google sama-sama memiliki sistem operasi dan layanan yang memanfaatkan data pengguna untuk kepentingan tertentu. Meski sudah dijaga keamanannya, pengguna ponsel berbasis iOS tetap saja dipantau datanya, dan dikirimkan ke server Tencent.

Simak Nih: Harga Setara iPhone XR, Bagaimana Spesifikasi Google Pixel 4 Series?

Dilaporkan kalau aplikasi browser Safari yang terpasang default di HP iOS, telah mengirimkan data ke Google Safe Browsing untuk melindungi data penggunanya dari ancaman kejahatan siber seperti Phising dan juga Scam. Dan baru-baru ini juga disebutkan kalau Apple telah meneruskan data pengguna iPhone, terutama mereka yang sudah menjalankan iOS 13 ke Tencent Safe Browsing juga.

Fraudulent Website Warning
Copyright ©Cyberthreat

Pada dasarnya untuk fungsi dari Tencent Safe Browsing ini sama dengan Google, dimana bisa mencegah pengguna dari berbagai macam situs berbahaya yang bertebaran di internet. Namun tetap saja timbul rasa khawatir, apa saja yang akan dilakukan oleh Tencent tentang data yang diterimanya ini. Terlebih lagi perusahaan tersebut juga sering kali menjalin kerjasama dengan pemerintah China, dimana untuk melacak warganya di Internet.

Terkait masalah tersebut, pihak Apple telah memberikan jawaban kalau hal tersebut cuman berlaku untuk pengguna iPhone yang ada di China saja, tidak untuk Negara lain. “Safari menerima daftar situs berbahaya dari Google. Untuk perangkat yang memiliki kode wilayah dari China, daftarnya diberikan oleh Tencent,” seperti itulah yang dikatakan oleh Apple.

Selain itu, Apple juga memberikan keleluasan terhadap para pengguna iPhone untuk mematikan fitur Fraudulent Website Warning ini pada bagian setting Safari. Akan tetapi hal tersebut tidak direkomendasikan, sebab sederet fitur berbahaya tidak akan di filter nantinya.

baca juga: Beberapa Fitur Baru Aplikasi WhatsApp Untuk Pengguna iPhone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.