Apple Bantah Tudingan Curi Pengguna Smartphone iPhone

0
331
iPhone 11 Series
Copyright ©EverythingApplePro

Apple Tegaskan Kalau Data Penggunanya Masih Aman

Oketekno – Kemarin ada informasi kurang menyenangkan untuk para pengguna Smartphone iPhone. Dikarenakan meski sudah terjamin keamanannya, akan tetapi Apple dikabarkan telah melakukan pengintaian secara diam-diam, dan mengirimkan data penggunanya ke Tencent yang berbasis di China.

Tidak lama kemudian, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut langsung menanggapi informasi ini dan menyatakan kalau pihaknya tidak pernah melakukan hal tersebut. Apple menyatakan kalau pembagian data pengguna kepada pihak ketiga tidak pernah dilakukannya.

Simak Nih: Ketahanan Layar iPhone 11 Series Buruk, Apple?

Selain itu dijelaskan pula kalau Safari Fraudulent Website Warning yang tengah dipermasalahkan oleh publik ini merupakan fitur untuk memeriksa kejahatan yang terkandung dalam sebuah website. Dan untuk fitur ini bisa memeriksa URL Halaman yang dibuka penggunanya, kemudian akan memunculkan notifikasi kalau memang situs tersebut berbahaya. Situs yang dibuka itu nantinya akan ditandai dengan notifikasi tidak aman, kalau terindikasi ada tindakan jahat seperti scam ataupun phising.

Safari iPhone
Copyright ©MacPoiniPhone

“Apple menyembunyikan informasi tentang halaman yang dikunjungi pengguna saat melakukan pengecekan apakah halaman yang dikunjungi berbahaya atau tidak. Halaman situs yang tengah dikunjungi pengguna, tidak pernah dibagikan kepada pihak ketiga” seperti itulah yang dikatakan oleh Apple.

Sebagaimana dilansir dari media Cnet, Apple menyatakan kalau halaman URL yang dikunjungi ini memang tidak dibagikan ke pihak ketiga dan disembunyikan. Namun untuk alamat IP dari Komputer atau perangkat yang bersangkutan tetap dibagikan kepada Tencent. Namun bagi pengguna yang merasa fitur ini meresahkan, bisa langsung mematikan layanan tersebut melalui menu pengaturan di masing-masing perangkat.

Kemudian Apple juga menegaskan kalau fitur tersebut cuman berlaku bagi penggunanya yang menggunakan perangkat iPhone, iPad, MacBook, ataupun perangkat lain besutannya yang menggunakan browser Safari di Negara China saja. Dengan demikian, untuk pengguna yang berada di Negara lain, termasuk Indonesia salah satunya tidak akan terjadi masalah semacam ini.

baca juga: Pengakuan Bos Apple Soal Penjualan iPhone Murah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.