Kengerian yang Terjadi Jika WhatsApp Turuti Kemauan AS

0
637
Facebook Like Button sign
Copyright ©Engadget

Bahaya WhatsApp Jika Dilucuti Keamanannya 

Oketekno – Untuk sekarang ini bisa dikatakan layanan WhatsApp menjadi platform paling aman di perusahaan Facebook, yang ditujukan untuk publik. Hal ini dikarenakan kedua layanan terpopuler lainnya seperti FB dan juga Instagram dengan mudahnya mengumbar privasi informasi para pengguna.

Akan tetapi belum lama ini ada ungkapan kalau pihak pemerintah AS ingin Mark Zuckerberg untuk membuka sistem enkripsi yang terpasang pada aplikasi W.A. Jelas saja ini akan menjadi hal yang membahayakan, walaupun tujuan pembukaannya ini demi memudahkan proses investigasi kriminal yang serius sekalipun.

Simak Nih: Fitur Baru Grup WhatsApp Ini Sudah Mulai Diuji Coba

Edward Snowden yang merupakan salah satu pakar teknologi telah mengatakan kalau sekarang ini sistem enkripsi menjadi salah satu yang paling aman untuk melindungi data pengguna. Dan dirinya juga mendukung penuh pihak Facebook yang ingin menerapkan sistem enkripsi ini pada Messenger dan juga Platform Instagram.

Edward Snowden
Copyright ©LauraPoitras

Sebagaimana dikutip dari Guardian, Snowden mengatakan kalau sistem enkripsi pada platform WhatsApp atau yang lain, bisa membantu para pekerja dengan resiko tinggi. Misalnya saja seperti para jurnalis, aktivis, pekerja LSM, dan masih banyak lagi lainnya dari ancaman pemerintahan yang represif. Kalau sampai sistem ini tidak ada, maka seseorang tidak bisa dipastikan aman sepenuhnya. Walau itu berasal dari pengguna biasa sekalipun.

Ketahui Yuk: Trik Membuat Status Boomerang di WhatsApp yang Bisa Dicoba Sekarang

Kehadiran fitur enkripsi ini sangat penting untuk sekarang ini, guna melindungi setiap pesan atau apapun yang baik atau memalukan ditransimisikan melalui internet yang mana kini makin tidak aman. “Dan komunikasi itu tidak hanya rentan untuk kepentingan investigasi di AS, Inggris dan Australia, tapi juga agen intelijen China, Rusia dan Arab Saudi, belum lagi para hacker di seluruh dunia,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa Facebook telah menerapkan enkripsi E2EE, dimana pengguna aplikasi WhatsApp tetap aman terjaga percakapannya. Dikarenakan pihak raksasa sosial media ini sendiri juga tidak bisa membacanya, sebab kunci dari keamanan enkripsi ini berada di perangkat pengguna itu sendiri.

baca juga: 3 Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomornya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.