Bos Facebook Kok Bandingkan WhatsApp dengan TikTok?

0
494
Copyright ©techadvisor

Facebook Ingin Tenggelamkan TikTok? 

Oketekno – Walaupun sebenarnya tidak memiliki target pasar yang sama persis, akan tetapi Facebook dan TikTok seolah bersaing sengit sekarang ini. Bahkan beberapa waktu lalu, raksasa sosial media ini telah resmi meluncurkan platform yang benar-benar serupa dengan layanan buatan developer asal China tersebut.

Dan kali ini ada berita yang menyebutkan kalau Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook telah melayangkan komentarnya tentang platform TikTok. Dan cukup uniknya adalah, layanan yang lebih mirip ke jejaring sosial itu malah ditandingkan dengan layanan pesan instant miliknya, WhatsApp.

Simak Nih: Banyak yang Mundur, Nasib Facebook Libra Tidak Lagi Meyakinkan?

“Di saat layanan kami seperti WhatsApp digunakan oleh pendemo dan aktivis di manapun karena enkripsi yang kuat dan perlindungan privasi, TikTok, aplikasi China yang tumbuh cepat di seluruh dunia, menyebutkan bahwa protes itu disensor, bahkan di Amerika Serikat,” seperti itulah yang dikatakan oleh Mark Zuckerberg.

Mark Z
Copyright ©GettyIMages

Sebagaimana dilansir dari media CNBC, untuk layanan TikTok sekarang ini memang tengah menjadi booming di Amerika Serikat. Dan untuk kalangan anak muda yang mana telah meninggalkan platform Facebook juga banyak yang beralih ke layanan TikTok, sehingga ini jelas menjadi ancaman besar bagi platform sosial media terbesar itu, terutama di Negaranya sendiri.

Ketahui Yuk: Facebook Terpojok, Ditekan Pemerintah dan Ditinggal Pengguna

Disisi lain, untuk layanan TikTok sendiri sekarang memang tengah mendapatkan kritikan, sebab diduga melakukan penyaringan konten, terkhusus atas permintaan dari pemerintah Beijing. Untuk konten video seperti aksi di Hong Kong misalnya, dimana diduga telah dihapus. Akan tetapi hal ini telah dibantah oleh pihak TikTok.

“Pemerintah China tidak meminta TikTok menyensor konten dan tidak punya juridiksi karena TikTok tidak beroperasi di sana. Untuk lebih jelas, kami tidak menghapus video berdasarkan konten protes Hong Kong,” seperti itulah bela dari pihak TikTok.

Selain itu, layanan pesaing Facebook ini juga menyebutkan kalau TikTok ini tidak beredar di China. Di Negaranya sendiri sudah ada aplikasi khusus bernama Douyin, dimana untuk layanan ini sendiri telah mendapatkan pengawasan yang begitu ketat dari pihak pemerintah China.

baca juga: Facebook Permudah Pemerintahan Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.