Fingerprint Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Note 10 Bisa Dibobol dengan Mudah

0
303
Samsung Galaxy S10 Fingerprint Underdisplay
Copyright ©AndroidPIT

Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Note 10 Tidak Bisa Pakai Pelindung Layar Sembarangan

Oketekno – Fingerprint menjadi salah satu sistem keamanan perangkat yang begitu diandalkan oleh setiap pengguna Smartphone. Dimana saja letaknya, tetap tingkat keamanan menjadi bagian paling utama. Kalau ponsel Flagship seperti Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Note 10, jelas saja sudah membawa teknologi pemindai yang lebih modern, yakni dibawah layar.

Sebenarnya untuk sistem pemindai sidik jari bawah layar ini sudah hadir sejak tahun kemarin di HP Vivo. Akan tetapi untuk teknologi yang dipakai oleh Samsung pada ponsel Flagship terbarunya ini sedikit berbeda, bahkan termasuk dengan Vivo V17 Pro yang baru rilis beberapa waktu kemarin sekalipun.

Simak Nih: Jadwal Resmi Perilisan dan Flash Sale Samsung Galaxy M30s di Indonesia

Namun cukup disayangkan, kinerja fingerprint dari Samsung ini masih kurang menjamin. Baru-baru ini ditemukan masalah fingerprint bawah layar pada Galaxy S10 dan Galaxy Note 10 bisa dengan mudah dibobol oleh orang lain. Celah tersebut ditemukan oleh seorang wanita asal Inggris.

Cukup mengejutkan pada saat itu ketika ditemukan Suaminya dapat membuka kunci pada HP Samsung miliknya itu menggunakan sidik jari. Padahal, untuk sidik jari suaminya tidak terdaftar para Smartphone tersebut. Dan ternyata ini bukan karena sistem yang sepenuhnya pantas disalahkan, dikarenakan antara pelindung layar tambahan dan layar ponsel memang ada sedikit celah udara yang membuatnya fitur pengenalan tidak bisa berjalan baik.

Ketahui Yuk: Rilis dengan Tonjolkan Kemampuan Kamera, Segini Harga Samsung Galaxy A70s

Pihak Samsung sendiri telah menanggapi permasalahan yang disampaikan oleh salah seorang penggunanya itu. Hingga pihaknya berhasil memperbaikinya, disarankan terhadap pengguna Samsung Galaxy S10 dan Galaxy Note 10 untuk tidak menggunakan lapisan pelindung layar terlebih dahulu, hingga permasalahan ini berhasil diatasi.

“Jika anda saat ini menggunakan pelindung layar, untuk memastikan pemindaian sidik jarinya optimal, silahkan melepas pelindung itu sampai perangkatnya diperbarui menggunakan patch software terbaru,” terang Samsung.

Sebelumnya, perusahaan asal Korea Selatan ini sempat mengatakan kalau teknologinya ini tidak bisa dipasangkan dengan pelindung layar tertentu, karena bisa membuatnya malfungsi. Bukan cuman Galaxy S10 dan Galaxy Note 10 saja, melainkan HP Samsung lainnya dengan fitur fingerprint bawah layar juga demikian. Untuk menjaga keamanan layar, Samsung sendiri juga sudah sediakan pelindung layar tambahan khusus yang dijual USD 20.

baca juga: Tampil Beda, Begini Bentuk Notch Smartphone Baru Rancangan Samsung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.