Mulai Ditandai, Begini Tampilan Berita Hoax di Facebook dan Instagram

0
204
Facebook Search
Copyright ©time

Berita Hoax di Facebook dan Instagram Mulai Ditandai

Oketekno – Untuk ikut andil dalam menjaga keamanan dunia, platform sosial media akan ikut menjaga apa saja yang tayang di platformnya. Sekarang ini yang tengah diperangi adalah penyebaran berita hoax alias palsu dan tidak terbukti kebenarannya. Baru-baru ini kedua platform sosmed terkemuka, yakni Facebook dan Instagram sudah mulai menerapkannya.

Dimana untuk keduanya kini sudah mulai menandai beberapa konten yang tidak terbukti kebenarannya. Fitur ini juga digulirkan menjelang pemilihan Presiden Amerika Serikat yang akan berlangsung pada tahun 2020 mendatang. Sistem nantinya akan melakukan penyaringan dan memberikan informasi terhadap penggunanya kalau informasi tersebut salah.

Simak Nih: 2 Tips Aplikasi Facebook Lite yang Bisa Dimanfaatkan

Sebagaimana dilansir dari media Ubergizmo, untuk setiap postingan nantinya akan diberikan label berupa sebuah tanda dari pihak tim independen pemeriksa fakta (Fact-Checkers). Kalau memang terindikasi Hoax, maka nantinya akan muncul blok yang menginformasikan kalau postingan ini memuat berita palsu.

Berita Palsu Facebook Instagram
Copyright ©Facebook

“Konten di Facebook dan Instagram yang dinilai salah oleh tim pemeriksa fakta akan memberikan label yang lebih jelas, sehingga pengguna dapat memutuskan sendiri apa yang harus dilakukan apakah ingin tetap dibaca, dipercaya atau dibagikan,” seperti itulah yang dikatakan oleh pihak perusahaan dibawah pimpinan Mark  Zuckerberg tersebut.

Ketahui Yuk: Bos Facebook Kok Bandingkan WhatsApp dengan TikTok?

Bukan cuman memberikan tanda kalau berita ini palsu saja, melainkan para pengguna juga akan diarahkan ke sebuah halaman yang menjelaskan kenapa berita ini bisa masuk dalam berita hoax. Beberapa perbandingan akan dilakukan berdasarkan fakta yang terjadi.

Selain untuk postingan umum, pelabelan terkait penyebaran berita hoax ini nantinya juga akan masuk ke dalam stories Facebook dan juga Instagram juga. Dengan adanya fitur tersebut, jelas saja kedepan pengguna bakalan lebih berhati-hati lagi dalam menerima informasi.

Seperti yang kita tahu bahwasanya Facebook dan juga Instagram menjadi platform yang sering diandalkan oleh para penyebar hoax. Dikarenakan kedua jejaring sosial ini memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak, bahkan terbanya ketimbang platform lainnya.

baca juga: Cara Matikan Fitur Pelacakan Lokasi di Facebook, Biar Tidak Mudah Diintai!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.