Mana Jalur Komunikasi Paling Aman, E-Mail, WhatsApp, atau SMS?

0
516
copyright ©jalantikus

Layanan Komunikasi Manakah yang Paling Aman?

Oketekno – Memang sih untuk sekarang banyak layanan komunikasi yang sudah bertebaran, dan masing-masing dari mereka memiliki sistem keamanan sendiri untuk menjaga privasi percakapan dari penggunanya. Akan tetapi dari sekian banyak, hanya 3 yang sering dipakai dalam komunikasi sebagian besar kalangan, yakni E-Mail, WhatsApp, dan juga SMS.

Nah, dari ketiga platform tersebut mana nih kira-kira yang menawarkan tingkat keamanan terbaik? Apakah WhatsApp yang telah dienkripsi, platform E-mail yang server keamanannya dijaga oleh pihak terpercaya, atau mungkin SMS? Berikut perbandingannya.

Simak Nih: Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus Oleh Pengirim

  • E-Mail

Gmail
Copyright ©BetaNews

Bisa dikatakan untuk layanan ini rentan sekali terhadap pelacakan dari pihak ketiga, terlebih platform yang dipakai adalah gratisan seperti Gmail, Yahoo, dan semacamnya. Namun ada beberapa juga yang menawarkan jasa enkripsi agar pesan e-mail pengguna bisa lebih terjaga, dan ini tidak gratis.

Seperti Proton misalnya yang berbasis di Swiss, perusahaan ini menawarkan layanan enkripsi e-mail dengan biaya paket tertentu. Dan caranya sendiri lebih mudah ketimbang layanan enkripsi dari Microsoft untuk melakukan enkripsi Outlook.

Baca Juga: Tampilan Baru Gmail di Smartphone Android

  • SMS

Kendali SMS T
Copyright ©BGR

Hanya perangkat besutan Apple saja yang mendapatkan tingkat keamanan baik dari SMS. Pengguna akan mendapatkan sistem enkripsi pada setiap pesannya, jika berkomunikasi dengan orang yang memiliki perangkat iPhone juga. Meski pengguna menyimpan di iCloud, pesan akan tetap dienkripsi sehingga terjaga keamanannya.

Berbeda dengan perangkat Android yang tidak mengenkripsi pesan SMS secara default. Namun pengguna bisa menyimpan pesan ke memori eksternal dan mengenkripsinya secara manual untuk mencegah tidak terintip oleh pihak lain.

Ketahui Yuk: Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Hanya dengan SMS

  • WhatsApp dan Semacamnya

Menghapus Pesan WhatsApp
Copyright ©Brilio

Banyak yang mengatakan kalau platform ini menjadi paling aman ketimbang platform lain. Dikarenakan ketika pesan sudah dienkripsi, tidak ada pihak lain yang bisa membacanya. Memang sih pihak perusahaan seperti Facebook (pemilik WhatsApp) misalnya, dapat melihat metadata pengguna. Namun ini hanya sebatas tahu siapa yang dituju dan kapan waktunya, sedangkan isi percakapannya tetap tidak bisa.

Itulah guys penjelasan tentang perbedaan keamanan platform WhatsApp, SMS, dan juga E-mail. Jadi sekarang bisa tau nih, mana yang bisa lebih diandalkan dalam berkomunikasi.

baca juga: Kengerian yang Terjadi Jika WhatsApp Turuti Kemauan AS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.