Segera Hapus! 40 Aplikasi Android Ini Terkandung Adware Merugikan di Dalamnya

0
921
Google Play Store app is seen on an android mobile phone
Copyright ©Techcrunch

Aplikasi Android Ini Mengandung AdWare Tersebar di Play Store

Oketekno – Kenyamanan pengguna aplikasi Android menjadi salah satu tujuan yang hendak diwujudkan oleh Google, selaku developer dari Play Store. Akan tetapi sayang, ketika berbagai macam cara sudah diuji coba, akan tetapi hasil yang didapatkan masih kurang maksimal. Beberapa aplikasi yang mengandung adware diketahui masih bertebaran di toko aplikasi tersebut.

Belum lama ini ESET selaku badan Cyber Security telah melaporkan kalau pihaknya menemukan banyak aplikasi yang terkandung adware di dalamnya, dimana ini dapat merugikan pengguna HP Android yang memasangnya. Lebih parahnya lagi adalah, aplikasi tersebut terdaftar secara resmi di Google Play Store, dan beberapa aplikasi telah mendapatkan jumlah unduhan yang cukup banyak juga.

Simak Nih: Daftar Aplikasi Android yang Terinfeksi Virus Joker, Ada yang Masih Terpasang di HP Kamu?

Seperti yang dijelaskan oleh ESET, bahwasanya adware ini nantinya akan membawa iklan lebih banyak ke perangkat pengguna, melebihi batas normal dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang maksimal dari hasil penayangan iklan tersebut. Beberapa adware pada aplikasi Android akan menayangkan iklan di layar kunci, home, dan dimanapun secara penuh pada layar (meski itu sedang berada di aplikasi lain sekalipun).

Android Found
Copyright ©The Hacker News

Pada dasarnya untuk mengetahui aplikasi manakah yang terkandung adware di dalamnya itu cukup mudah. Pengguna ketika menemukan iklan yang muncul, jangan langsung di close terlebih dahulu. Klik ikon terakhir digunakan untuk menayangkan secara keseluruhan aplikasi android yang berjalan. Nah, kalian akan tau aplikasi manakah yang menampilkan iklan tersebut.

Namun kalian harus jeli, dikarenakan beberapa aplikasi menawarkan ikon/ logo aplikasi yang mirip banget dengan aplikasi bawaan ponsel seperti Google ataupun Facebook. Jadi untuk menemukan mereka harap periksa dengan lebih teliti.

Beberapa aplikasi android yang terkandung adware di dalamnya yakni seperti Smart Gallery, SaveInsta, Video Downloader Master, MP4 Video Downloader, Ringtone Maker 2019, Free Video Downloader, Water Drink Reminder, dan masih banyak lagi lainnya dimana bisa dilihat langsung melalui link http://bit.ly/2orrapU.

baca juga: Temuan Baru Aplikasi Android yang Paksa Pengguna Bagi Info Sensitif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.