Bisnis Facebook Libra Ancam Tencent, Kok Bisa?

0
140
Libra Bitcoin
Copyright ©Forbes

Facebook Libra Ancam Layanan Tencent

Oketekno – Seperti yang sudah dijelaskan oleh Mark Zuckerberg beberapa kali, dimana Libra merupakan layanan pembayaran digital yang kini tengah dikembangkan. Facebook tidak ada penguasaan dalam proyek ini, dan semuanya diserahkan terhadap asosiasi yang terbentuk secara khusus dari beberapa pihak tergabung di dalamnya.

Meski pada dasarnya menjadi layanan pembayaran digital, akan tetapi yang merasa tersaingi bukan cuman Bank Sentral saja, melainkan Tencent Holdings juga demikian. Berdasarkan pengakuan dari pihak Tencent, disebutkan kalau Libra ini merupakan perencanaan yang “radikal dan berani”, akan tetapi sebenarnya itu “jernih dan bijaksana”.

Simak Nih: Fitur Baru Ini Resmi Hadir di Aplikasi Facebook

Dalam Whitepaper Blockchain yang rilis kemarin, disebutkan kalau Tencent telah menuliskan bahwasanya Facebook Libra ini nanti bisa memberikan ancaman serius terhadap pembayaran digital yang sudah ada sebelumnya. Termasuk WeChat Pay dan Alipay milik Alibaba Group.

Copyright ©South China Morning Post

Ancaman serius ini terjadi dikarenakan jumlah pengguna Facebook yang luar biasa, sudah membuka peluang besar bagi layanan pembayaran digital tersebut untuk dipakai oleh mereka. Berdasarkan laporan Statista, ada sekitar lebih dari 2.41 miliar pengguna FB dari seluruh Dunia. Belum lagi pengguna Instagram dan WhatsApp yang pastinya akan ditawarkan untuk menggunakan layanan itu juga.

Ketahui Yuk: Facebook Akan Lepaskan Libra Kalau Sampai Hal Ini Terjadi

“Libra, jika sukses diluncurkan … tidak hanya akan berdampak pada lembaga keuangan tradisional tetapi juga merusak perusahaan internet, termasuk Tencent dan Alibaba, yang memiliki sistem pembayaran yang sudah kuat dan menghambat ekspansi global mereka,” tulis Tencent sebagaimana dilansir dari South China Morning Post.

Bukan cuman itu saja, melainkan Tencent juga menduga terkait rencana penyebaran layanan pembayaran digital tersebut. Dikatakan kalau Facebook Libra di awal kehadirannya akan menyerang Negara berkembang terlebih dahulu. Dan setelahnya baru ekspansi ke beberapa Negara lain, sehingga berdampak pada sistem keuangan global.

Namun untuk sekarang ini Facebook masih berusaha mendapatkan izin terkait penyebaran Libra. Dan kalau memang nanti tetap tidak mendapatkan izin. Mark Z mengatakan kalau ia dan perusahaannya akan mundur dari proyek tersebut.

baca juga: Tanggapan Pakar Soal Facebook Bakal Ditutup Menkominfo Baru Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.