Kata Menkominfo Baru Soal Kesiapan Indonesia Sambut Teknologi 5G

0
420
5G Indonesia
Copyright ©Kominfo

Indonesia Tidak Buru-Buru Implementasi Jaringan 5G

Oketekno – Beberapa vendor sudah memulai untuk meluncurkan Smartphone dengan dukungan jaringan 5G. Hal itu dikarenakan memang untuk tingkat penerapan jaringan baru yang diklaim jauh lebih cepat ketimbang 4G LTE ini, sudah menyebar luas di beberapa Negara. Lantas, bagaimanakah dengan Negara kita?

Jelas ini akan menjadi tugas Menkominfo baru kita, Johnny G Plate untuk menerapkan dan memberlakukan ketentuan penerapan jaringan 5G ini di Tanah Air. Dibantu dengan para operator yang terus mengembangkan teknologi baru tersebut, tentu saja mereka tidak akan lepas dari kebijakan pemerintahan dalam beberapa hal.

Simak Nih: Dipastikan Ada 10 HP Xiaomi 5G Lainnya yang Tengah Disiapkan

Menanggapi hal tersebut, sebagaimana dilansir dari KompasTekno, Johnny mengatakan kalau Indonesia harus menuntaskan terlebih dahulu pemerataan jaringan 2G, 3G, hingga 4G yang sudah ada. Menkominfo Periode 2019 – 2024 ini menegaskan kalau proses tersebut harus diikuti dalam penyediaan jaringan 5G.

Johnny
Copyright ©KompasTekno

“Kalau ambisi, kita juga ingin. Tapi ada tahapannya. Masih ada di wilayah kita yang 2G, 3G, 4G. Selesaikan semuanya dengan baik dulu,” seperti itulah yang dikatakan oleh Johnny ketika ditemui di Kantor Kementerian Kominfo, Senin (28/10/2019).

Ketahui Yuk: Vivo NEX 3 5G Resmi Dirilis, Punya Layar Waterfall dan Performa Bertenaga

Pada kesempatan yang sama, Ismail selaku Dirjen SDPPI Kemkominfo mengatakan kalau sekarang ini Indonesia masih dalam tahap penyediaan ekosistem 5G. Untuk Ekosistem tersebut diantaranya mencakup seperti aplikasi, hingga penerapan model bisnis. Ini menjadi hal penting untuk implementasi jaringan 5G di Indonesia dalam waktu yang pas.

“5G bukan standalone, tapi berkelanjutan. 4G sudah jadi landasan untuk deliver 4G. Pada saatnya, Indonesia akan tepat waktu. Tidak perlu buru-buru atau telat,” begitulah yang dikatakan oleh Ismail. Dengan demikian, sepertinya tidak ada harapan bagi masyarakat lokal menikmati jaringan 5G ini dalam waktu dekat.

Disisi lain, Cisco selaku perusahaan penyedia perangkat Jaringan asal Amerika Serikat sempat memprediksi kalau Indonesia akan memiliki 100 juta pengguna jaringan 5G di tahun 2025 mendatang. Dan untuk proses permulaannya baru akan dilakukan pada tahun 2023 mendatang. Benarkah prediksi ini? Lihat saja beberapa tahun mendatang.

baca juga: Melihat Spesifikasi Utama Smartphone 5G Termurah di Dunia yang Baru Dirilis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.