Diminta Buka Enkripsi Chat Untuk Pemerintah, Begini Tanggapan WhatsApp

0
372
WhatsApp Pesan
Copyright ©Mashable

WhatsApp Pertahankan Enkripsi Pesannya

Oketekno – Beberapa pekan lalu marak informasi yang menyebutkan kalau platform pesan instant WhatsApp tidak akan lagi diberikan keamanan alias enkripsi pesan, sehingga pihak pemerintah memungkinkan untuk melakukan identifikasi permasalahan lebih cepat dan gampang terhadap terduga tindak kejahatan kriminal.

Sebenarnya pihak pusat sudah menyatakan kalau pihaknya tetap mempertahankan fitur enkripsi ini, karena menjadi salah satu bagiannya untuk menjaga kebebasan berbicara oleh pengguna. Namun dalam acara temu media di Kantor Kemkominfo kemarin, telah ditegaskan kembali tentang permasalahan tersebut.

Simak Nih: Resmi Bergulir, Pengguna Kini Bisa Tolak Undangan Grup WhatsApp

Pihak WhatsApp menyatakan kalau pihaknya tidak akan membuka enkripsi keamanan yang sudah berjalan sejak lama ini terhadap pihak manapun, termasuk pemerintahan juga. Hal itu dikarenakan pihaknya mempercayai kalau privasi menjadi hal utama yang harus dijaga, agar pengguna tetap merasa nyaman dan aman memakai platform miliknya.

Menghapus Pesan WhatsApp
Copyright ©Brilio

Melansir dari Liputan6, disebutkan kalau Direktur Kebijakan APAC WhatsApp bernama Clair Devvy di Kantor Kemkominfo kemarin telah mengatakan kalau pihaknya akan terus berkomitmen untuk membuat platform miliknya tetap terenkripsi. Dengan demikian, pesan yang dikirimkan tidak dapat diketahui dan dibaca oleh pihak manapun, kecuali pengirim dan penerima saja.

Ketahui Yuk: 3 Tips Agar Terhindar dari Malware Berbahaya dari WhatsApp yang Tengah Viral

Bahkan pihaknya sekalipun juga tidak dapat membaca pesan yang dikirimkan tersebut. Hanya saja pihak perusahaan dapat melihat terkait tanggal, waktu, dan juga informasi tentang nomor yang mengirimkan pesan dan si penerima pesan. Dikarenakan yang dilakukan enkripsi disini cuman kolom percakapan penggunanya saja.

“WhatsApp merupakan platform terenkripsi, artinya hanya orang yang mengirim dan menerima pesan yang bisa membaca isi pesan tersebut. Ini berlaku ke seluruh layanan WhatsApp dari mulai pesan teks, voice call, atau video call,” terang Devvy kepada media yang datang di Press Conference tersebut.

Pihak WhatsApp telah mengatakan kalau privasi ini menjadi sesuatu yang penting. Oleh karenanya fitur enkripsi ini akan tetap dihadirkan, dan tidak akan dibuka oleh siapapun. Dan sedikit tentang pemerintah Indonesia, dimana ada peraturan baru yang mengizinkan pihak kepolisian membaca isi pesan chat W.A langsung kepada terduga tindak kejahatan, dan itupun ada beberapa batasannya.

baca juga: Begini Trik Aktifkan Dark Mode di WhatsApp Web, 100% Berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.