Awas! Facebook Bisa Akses Kamera Pengguna iPhone Tanpa Izin

0
142
Facebook Negative
Copyright ©MarketingLand

Aplikasi Facebook iOS Jebol Kamera iPhone

Oketekno – Sudah menjadi hal yang biasa terjadi bug pada sistem aplikasi, akan tetapi tidak ada yang mengetahui kecuali dari pihak perusahaannya sendiri, apakah bug tersebut memang disengaja atau tidak. Namun yang jelas, baru-baru ini perusahaan Facebook membuat resah pengguna Smartphone iPhone.

Pasalnya, raksasa sosial media tersebut telah diketahui kalau mengaktifkan kamera ponsel berbasis iOS itu tanpa mendapatkan izin dari penggunanya. Permasalahan ini telah ditemukan oleh seorang desainer situs web bernama Joshua Maddux.

Simak Nih: Sistem Pembayaran Facebook Mulai Diberlakukan, Disini Tempatnya!

Sebagaimana informasi yang disampaikan oleh PCMag, ketika Maddux beralih di antara halaman yang berbeda, antara foto bio seseorang dan bagian profil, ia mendapati aplikasi yang menunjukkan kameranya terbuka di bagian samping umpan Facebook utama. Mendapati hal tersebut, lantas ia mengunggahnya di Twitter untuk menunjukkan pelanggaran privasi tersebut.

Facebook Bug vid
Copyright©Istimewa
Link Post: https://twitter.com/JoshuaMaddux/status/1193434937824702464

“Ketika aplikasi terbuka, aplikasi ini aktif menggunakan kamera. Saya menemukan bug di aplikasi yang memungkinkan Anda melihat kamera terbuka di belakang umpan Anda. Perhatikan bahwa kamera saya diarahkan ke karpet,” seperti itulah tulis dalam postingan yang disertai dengan video pendek yang menunjukkan permasalahan tersebut.

Ketahui Yuk: Privasi Facebook Messenger Mulai Diperhatikan

Berkaitan dengan permasalahan tersebut, pihak Facebook pun respon kalau hal tersebut hanya sebuah kesalahan saja. Raksasa sosmed itu mengaku kalau memang beberapa waktu terakhir menemukan jika aplikasinya yang ditujukan untuk platform iOS salah diluncurkan di lansekap.

“Dalam memperbaikinya minggu lalu di v246, kami tidak sengaja mengenalkan bug dimana aplikasi menavigasi sebagian ke layar kamera ketika foto disadap. Kami tidak memiliki bukti foto/ video yang diunggah karena ini,” seperti itulah yang disampaikan oleh VP Product Management Facebook, Guy Rosen.

Kemudian dalam keterangan lanjutannya, Rosen juga mengatakan kalau sekarang ini pihak Facebook juga sudah mengirimkan pembaruan untuk memperbaiki masalah tersebut ke pengguna ponsel berbasis iOS melalui App Store. Dengan demikian, jangan lupa untuk melakukan pembaruan agar tidak mendapati permasalahan tersebut.

baca juga: Tampilan Facebook Bisa Dikustomisasi Sesuai Keinginan Pengguna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.