Waspada! Ada Ancaman Baru Lagi Bagi Pengguna WhatsApp

0
624
Hack WhatsApp Ikon
Copyright ©SADAP

Ancaman Baru Pengguna Aplikasi WhatsApp

Oketekno – Masih belum selesai ternyata, berbagai macam permasalahan ancaman masih marak terjadi di platform pesan instant WhatsApp. Bukan cuman mengincar para pengguna ponsel berbasis Android saja, melainkan iOS dan Windows juga tengah terancam.

Setelah kemarin lalu pengguna diinfeksi menggunakan missed call atau panggilan tidak terjawab, kali ini penyebarannya melalui kiriman video dengan format MP4 yang telah mengalami modifikasi. Berdasarkan informasi yang dilansir dari NDTV, melalui file ini nantinya peretas dapat mengendalikan perangkat secara penuh dari jarak jauh, atau serangan ini dikenal dengan siber DoS.

Simak Nih: Sah! Begini Bentuk Logo Baru WhatsApp

Berkaitan dengan masalah ini, pihak Facebook juga sudah memberikan pengumuman. Dimana rakasasa sosial media itu mengatakan kalau “Peretas mengeksploitasi celah keamanan dengan metode buffer overflow terhadap aplikasi.”

WhatsApp Malware
Copyright ©Linkedin

Akan tetapi untuk permasalahan ini tidak menyerang pengguna secara keseluruhan, melainkan keretanan keamanan yang dimaksud itu berada di aplikasi WhatsApp versi sebelum 2.19.274 untuk perangkat Android. Sedangkan untuk perangkat iOS versi sebelum 2.19.100. Lalu versi Enterprise Client sebelum 2.25.3, untuk Business Android sebelum versi 2.19.104, dan Business iOS sebelum versi 2.19.100. Terakhir untuk Windows Phone sebelum dan termasuk 2.18.368.

Ketahui Yuk: Biar Aman! Begini Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Sedikit pengetahuan tentang buffer overflow yang tengah menjadi ancaman bagi pengguna Aplikasi WhatsApp kali ini. Dimana itu merupakan metode yang memberikan input kode berlebihan terhadap program ataupun aplikasi sasaran. Dengan demikian, aplikasi yang menjadi target akan kelebihan muatan dan memori, sehingga tidak lagi bisa mengalokasikan memori tersebut.

Di saat inilah peretas nantinya akan menindih data pada program yang mana akhirnya aplikasi bisa diambil alih secara penuh. Bukan cuman itu saja, peretas juga dapat memanfaatkan eksploitasi pada aplikasi untuk menyuntikkan beberapa malware terhadap perangkat korban. Sehingga berbagai macam file sensitif bisa diambil dengan mudah oleh peretas.

baca juga: Ayo Ngaku! Ini Kan Fitur Aplikasi WhatsApp yang Malah Bikin Kamu Bete?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.