HP Murah Lebih Mudah Diserang Hacker, Masa Iya?

0
275
Smartphone Bezel Less Termurah
Copyright ©androidinsider

Benarkah HP Murah Lebih Rentan Terhadap Hacker?

Oketekno – Dibandingkan perangkat premium, minat masyarakat Indonesia terhadap HP Murah lebih besar. Terlebih dengan performa yang menarik, jelas saja masyarakat bakal lebih tertarik untuk membelinya. Beberapa diantaranya yakni seperti Redmi Note 8 Pro, Realme XT, Vivo V17 Pro, Galaxy A50s, Advan Nasa, dan masih banyak lagi lainnya.

Akan tetapi kemarin ada informasi yang kurang menyenangkan dimana lembaga riset keamanan, Kryptowire telah menyebut kalau HP Android dengan harga murah lebih rentan untuk diserang oleh hacker. Apakah benar demikian? Dan apa alasannya?

Simak Nih: 4 HP Xiaomi Murah Ini Turun Harga, Cek Yuk!

Melansir dari Ubergizmo, disebutkan kalau HP Murah ini dinilai memiliki permasalahan yang cukup serius. Beberapa diantaranya seperti masalah bug dan kerentanan yang mana menjadikan ponsel pengguna memiliki akses untuk diretas lebih besar.

Smartphone murah terbaik
Smartphone murah terbaik Copyright©Grid

Masalah ini disebabkan oleh perancangan Smartphone yang tidak diperlakukan sama seperti model premium. Supaya tidak menjadi beban berlebihan, maka HP Murah menggunakan beberapa komponen yang lebih hemat biaya. Namun, dalam kesempatan ini Kryptowire tidak menyebutkan merek apakah yang dimaksud memiliki kerentanan tersebut.

Ketahui Yuk: 5 HP Android dengan Kamera Selfie 32MP Terbaik Paling Murah di Indonesia

Walaupun demikian, Kryptowire menyebutkan kalau kerentanan ini telah ditemukan pada ponsel murah yang dikirimkan oleh 29 produsen. Dan di saat yang bersamaan, CEO Kryptowire bernama Angelos Stavrou juga mengatakan kalau pihak Google harus bertanggung jawab terhadap tingkatan tertentu. Untuk menjadikan lebih ketat dan teliti mengenai aplikasi yang digunakan oleh HP Android.

“Google bisa meminta melalui kode analisis dan tanggungjawab vendor terhadap software yang mereka masukkan ke dalam ekosistem Android. Legislator dan pembuat kebijakan harus menuntut agar perusahaan bertanggung jawab karena membahayakan keamanan dan informasi pribadi penggunanya,” seperti itulah terang Stavrou.

Sebagai pengguna HP Murah, kalian tidak perlu merasa khawatir terlebih dahulu dikarenakan ini juga masih belum disebutkan secara gamblang permasalahan yang terjadi. Disisi lain, vendor Smartphone juga tentunya ingin yang terbaik untuk konsumen, demi menjaga kepercayaan pelanggan terhadap produknya.

baca juga: 3 HP Murah Terbaru di Indonesia yang Rekomendasi Untuk Dibeli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.