Segera Terapkan Strategi Baru, HP Android Samsung Bisa Semurah Xiaomi?

0
346
Samsung Galaxy A51
Copyright ©BGR

Samsung Percayakan Produksi Ponselnya ke China

Oketekno – Semakin hari tingkat pemasaran yang didapatkan oleh Samsung semakin tersaingi oleh sederet vendor HP Android asal China, diantaranya yakni seperti OPPO, Xiaomi, Huawei, hingga Vivo. Bahkan kalahnya persaingan tersebut bisa dirasakan di Indonesia.

Menurut data laporan terbaru dari IDC, menunjukkan kalau posisi Market Share Samsung di Indonesia kalah telak dengan OPPO dan Vivo yang mendapatkan peningkatan luar biasa di Q3 2019 kemarin. Kalau tidak ada strategi baru, jelas saja vendor asal Korea Selatan itu akan terus mengalami kemerosotan pasar berlanjut.

Simak Nih: Inikah Penyebab Tumbangnya Samsung di Indonesia?

Kemarin lalu, ada informasi yang mengungkap kalau Samsung akan mengambil cara sama dengan vendor asal China dalam memproduksi ponsel terbaru, terutama untuk HP Android murahnya. Vendor asal Korsel itu dikabarkan akan mulai produksi outsource di China mulai tahun 2020 mendatang.

Samsung Galaxy A01
Copyright©Samsung

Memang sih untuk pabriknya sendiri di Negeri Tirai Bambu tersebut sudah tutup. Namun, di tahun mendatang Samsung akan menyerahkan produksi HP Android murahnya secara penuh terhadap Wingtech, pabrik ponsel China yang membuat Smartphone dari berbagai merek, termasuk Huawei dan Xiaomi. Dengan demikian, diharapkan sang vendor dapat menekan harga produksinya, sehingga bisa menciptakan harga jual murah.

Ketahui Yuk: Muncul Bocoran Spesifikasi HP Samsung Misterius, Serba Minimalis?

Bahkan tidak menutup kemungkinan kalau HP Samsung ini nanti memiliki harga jual yang murah banget, seperti sederet ponsel dari Xiaomi ataupun vendor asal China lainnya. Akan tetapi sebagai gantinya, jelas Samsung akan kehilangan kontrol kualitas terhadap ponsel terbarunya. Sebab, semuanya diserahkan kepada Wingtech.

Disisi lain, melansir dari Reuters ketika Samsung dimintai keterangan soal berita yang beredar luas ini. Pihaknya juga membenarkan, bahwa membuat HP Android di luar pabriknya untuk memperluas portofolio. Akan tetapi, pihaknya juga akan melakukan pengawasan dan kontrol kualitas yang ketat.

Soal harga, Counterpoint Research menyebutkan kalau perusahaan Wingtech ini bisa memperoleh semua komponen yang diperlukan untuk perangkat Smartphone seharga US$ 100 – 250 lebih murah 10% – 14% dibandingkan dengan pabrik milik brand besar di China.

baca juga: 3 HP Android Samsung Terbaik di Indonesia, Layar Luas Cuman Sejutaan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.