Waspadai 2 Fungsi Ini Agar HP Android Kalian Tidak Mudah Dibajak

0
346
HP Android OPPO
Copyright©yangcanggih

Kamera dan Mikrofon HP Android Rawan Pembajakan

Oketekno – Pembajakan ponsel dalam beberapa waktu terakhir ini memang tengah rawan terjadi. Beberapa waktu lalu ada kasus dimana akses kamera bisa bocor tanpa sepengetahuan pengguna ponsel iOS lewat aplikasi Facebook. Dan sekarang ini giliran HP Android yang ketahuan memiliki celah keamanan kurang lebih serupa.

Akan tetapi untuk celah keamanan yang dimiliki oleh Smartphone Android ini cukup berbeda dengan iOS yang kameranya bocor lewat aplikasi FB. Untuk celah keamanan berikut berasal dari sistem operasi Android yang terpasang di Smartphone pengguna.

Simak Nih: Cari Kerjaan? Coba Pakai Aplikasi Google Terbaru Ini

Melansir dari Ubergizmo, perusahaan keamanan Checkmarx telah menemukan sebuah celah yang berpotensi untuk membuat kamera dan juga mikrofon ponsel pengguna dibajak oleh hacker. Untuk celah tersebut memanfaatkan sistem permission yang biasanya muncul ketika pengguna mengakses aplikasi untuk pertama kalinya.

Google Pixel 4 Hands On
Copyright©Yahoo

Namun pada dasarnya peretas tidak perlu mendapatkan izin ke kamera atau mikrofon untuk mengaksesnya. Melainkan ketika pengguna HP Android memberikan akses ke storage saja, itu sudah cukup bagi hacker untuk berusaha sendiri mengakses kamera dan mikrofon ponsel dengan cara menelusurinya sendiri. Dan yang pasti, ini bisa dilakukan tanpa sepengetahuan penggunanya.

Ketahui Yuk: Melihat Kesuksesan Penjualan Redmi Note 8 Series di Indonesia dalam 1 Bulan

Akan tetapi pihak Google telah menyadari permasalahan tersebut, sehingga sekarang ini sudah ditambal untuk celah keamanan yang terjadi sebelumnya. Namun penting untuk diketahui bahwasanya sekarang ini pihak Google hanya melakukan pembaruan yang membawa penambalan tersebut pada HP Android besutannya saja, Pixel series.

Padahal, berdasarkan laporan Checkmarx diketahui kalau ternyata HP Android dari vendor lain juga memiliki celah keamanan serupa. Sehingga untuk Smartphone dari Samsung, Xiaomi, OPPO, Vivo, dan vendor lainnya masih berpotensi untuk pembajakan mikrofon dan kamera.

Entah sampai kapan hal ini nanti akan terjadi, namun yang jelas pembaruan untuk HP Android secara keseluruhan dalam memperbaiki celah keamanan ini akan diberikan. Selama masa waktu ini, harap berhati-hati saja dalam memberikan izin ke aplikasi.

baca juga: Punya Baterai 5.000 mAh, 4 HP Android Ini Dijual Sejutaan di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.