Akhirnya Aplikasi Xiaomi Ini Kena Blokir dari Google Juga

0
3502
Xiaomi Banned
Copyright©Istimewa

QuickApps Diblokir Karena Terindikasi Meresahkan Pengguna HP Xiaomi

Oketekno – Untuk keamanan pengguna HP Android, Google telah meningkatkan sistem keamanannya secara bertahap. Tidak perduli apakah aplikasi berasal dari developer ternama ataupun dipercaya sekalipun, kalau memang terindikasi mencurigakan atau tidak sesuai dengan kebijakannya, bakal dilakukan pemblokiran. Seperti yang terjadi pada aplikasi Xiaomi satu ini.

Aplikasi bernama Quick Apps besutan vendor asal China sekaligus brand Smartphone ternama di Dunia ini telah diblokir oleh Google di Play Store. Hal itu dikarenakan aplikasi tersebut diketahui telah melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang ditentukan oleh Play Protect. Lantas, apakah yang melatar belakangi pemblokiran ini?

Simak Nih: Segera Terapkan Strategi Baru, HP Android Samsung Bisa Semurah Xiaomi?

Hampir seluruh pengguna mengalami notifikasi pop-up pemblokiran terhadap aplikasi Quick Apps ini dari Google. Alasannya yakni adanya kemampuan pengumpulan data dari aplikasi tersebut terhadap ponsel pengguna, sehingga mereka seolah terus diawasi. Notifikasi tersebut muncul ketika aplikasi hendak melakukan pembaruan secara otomatis melalui updater bawaan di HP Xiaomi.

Quick Apps Blocked by Googel
Copyright©Deccan Herald

Google telah melakukan pemblokiran terhadap aplikasi tersebut ketika mendapatkan pembaruan pada tanggal 14 November 2019 kemarin. Tidak ada informasi detail yang diberikan oleh Google berkaitan dengan pemblokiran aplikasi Xiaomi ini.

Ketahui Yuk: Beberapa HP Android Huawei Mulai Update EMUI 10 & Android 10, Cek Punyamu Sekarang!

Akan tetapi sepertinya hal tersebut ada kaitannya dengan permintaan izin akses terhadap 55 permission di system-level yang diminta oleh QuickApps pada penggunanya. Dan berkaitan dengan masalah ini, pihak Xiaomi sendiri juga sudah menghubungi pihak Google untuk menyelesaikannya.

Vendor asal China itu telah meyakinkan terhadap Google kalau aplikasi buatannya itu aman, dan terdeteksi bermasalah lantaran adanya perubahan algoritma pada Play Protect. Perlu diketahui bahwa ini bukan kali pertamanya terkena masalah.

Sebab mengutip dari Times of India, disebutkan kalau pada April lalu QuickApps juga sempat tersandung masalah serupa. Dimana aplikasi Xiaomi ini dilaporkan memiliki izin untuk memasang aplikasi tak terdaftar tanpa permisi pada pengguna terlebih dahulu. Bahkan bisa juga melakukan perekaman data rahasia IMEI, IMSI, nomor SIM, bahkan sampai ke video dan audio ponsel. Dan yang tidak kalah menjengkelkannya yakni aplikasi ini bisa menampilkan iklan dimana saja yang dikehendaki.

baca juga: Redmi Note 8 Pro Segera Update Android 10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.