Penting! Seluruh HP yang Punya Aplikasi Google Ini Segera Update Karena Bug Berbahaya

0
4148
Aplikasi Google Danger
Copyright©Daily Express

Aplikasi Google Ini Memiliki Bug Celah Keamanan Berbahaya

Oketekno – Tidak hanya memberikan layanan sistem operasi Android saja, melainkan OS tersebut tidak bisa berjalan dengan baik ketika tanpa didampingi oleh sederet aplikasi google yang ditanamkan. Seperti yang diketahui bahwa raksasa internet tersebut memiliki sederet aplikasi intim yang dibutuhkan oleh ponsel untuk berjalan lancar.

Akan tetapi belum lama ini ada kabar kurang menyenangkan dari pengguna HP Android. Pasalnya mereka tengah terancam terkena peretasan lantaran adanya bug yang terjadi di salah satu aplikasi yang tertanamkan secara default. Untuk aplikasi yang dimaksudkan ini adalah Google Camera.

Simak Nih: Beberapa Masalah yang Sebabkan WhatsApp Tidak Bisa Terhubung ke PC

Sebagaimana laporan dari Checkmarx, menyebutkan kalau celah keamanan pada Google Camera ini telah menginfeksi sebagian besar Smartphone Pixel series buatan Google sendiri, dan sederet HP Samsung yang tersebar di seluruh Dunia.

Celah Keamanan Aplikasi Google
Copyright©Istimewa @Checkmarx

Memang sih tidak disebutkan secara spesifik model apa saja yang terkena bug keamanan tersebut. Akan tetapi Chekmarx menyebutkan kalau ada ratusan juta HP Android yang terimbas. Celah kode keamanan CVE-2019-2234 ini dapat memberikan izin terhadap aplikasi berbahaya untuk masuk dan mengendalikan aplikasi kamera dari tempat yang jauh. Aplikasi Google ini dapat melakukan pengambilan gambar ataupun video tanpa sepengetahuan pengguna.

Bukan cuman itu saja, bahkan aplikasi google yang terdapat celah keamanan ini juga dapat memberikan akses terhadap memori ponsel secara bebas. Hingga bisa memantau lokasi pengguna berdasarkan data GPS yang ada di dalam sebuah foto. Semuanya dilakukan di latar belakang tanpa terdeteksi oleh pengguna sama sekali.

Soal masalah ini, pihak Google dan Samsung juga sudah mengetahuinya. Dan Google mengaku sudah memberikan pembaruan untuk menambal celah keamanan pada salah satu aplikasi google buatannya itu, dan menyebarkan ke vendor ponsel sejak Juli 2019 kemarin. Akan tetapi kalau Samsung, masih belum disebutkan apakah pihaknya sudah menggulirkan pembaruan juga untuk mengatasi masalah ini atau tidak. Yang pasti sebagai pengguna HP Android, jangan ketinggalan pembaruan firmware, demi keamanan perangkat.

baca juga: Akhirnya Aplikasi Xiaomi Ini Kena Blokir dari Google Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.