Uji Jaringan 5G Pertama di Indonesia, Kecepatannya?

0
270
Telkomsel 5G
Copyright©Bisnis

Pengujian Jaringan Menggunakan OPPO Reno 5G

Oketekno – Memang sih untuk sekarang ini masih belum ada jaringan 5G yang beredar secara resmi di Indonesia. Akan tetapi beberapa pengujian telah diberlakukan, dan kemarin Telkomsel menggelar pengujian jaringan tercepat ini untuk perangkat mobile di Batam.

Beberapa kalangan yang hadir di acara tersebut sudah bisa merasakan seperti apakah kecepatan maksimaml dari 5G di Indonesia ini. Perangkat yang menjadi alat pengujian dalam kesempatan tersebut yakni OPPO Reno 5G. Dan pengujiannya sendiri dilakukan menggunakan aplikasi penguji jaringan yang cukup banyak diandalkan oleh masyarakat, Speedtest dari Ookla.

Simak Nih: Jangan Ketinggalan! Realme 5s Diskon Ratusan Ribu + Kuota 25GB di Tanggal Ini

Dikarenakan aplikasi hanya menunjukkan maksimal 100 Mbps, maka angka tersebut bisa ditembus dengan cepat sekali oleh jaringan 5G. Untuk kecepatannya bahkan jauh lebih tinggi daripada angka tersebut, yakni sekitar 8 – 10x lipat.

Jaringan 5G Indonesia
Copyright©TeknoKompas

Melansir dari KompasTekno yang berkesempatan langsung melakukan pengujian jaringan 5G ini menggunakan OPPO Reno 5G, awalnya didapatkan kecepatan unduhan 887 Mbps. Sedangkan untuk kemampuan unggahan alias upload mencapai 81 Mbps. Dan untuk masalah Ping berada di kisaran 11 ms, lalu jitter hanya 6 ms saja.

Ketahui Yuk: Realme Rilis Teaser Smartphone 5G Pertamanya, Punya Layar Berlubang & Dual Kamera

Namun dalam kesempatan yang tidak lama berselang, tim Telkomsel melakukan pengujian dan hasil yang didapatkan yakni 1.169 Mbps atau setara dengan 1.1 Gbps untuk download. Sedangkan upload masih sama yakni 81.6 Mbps saja.

Akan tetapi dalam pengujian yang dilakukan pada saat itu, memang dalam kondisi jaringan yang cukup ramai. Dikarenakan dalam uji jaringan yang digelar oleh Ericsson ini juga dipakai untuk solusi 5G lain seperti untuk Drone, Streaming 4K, hingga cloud gaming.

Dengan kecepatan internet yang super cepat ini, jelas saja konsumen bisa melakukan berbagai macam aktivitas dengan sangat lancar. Misal seperti melakukan video call dalam resolusi tinggi sekalipun, tetap bisa dilakukan dengan lancar tanpa lag, patah, atau bahkan terputus dalam jaringan 5G ini. Tapi masalah pemakaian kuota, jelas saja akan lebih besar. Kita harapkan saja harga kuota kedepan bisa lebih terjangkau lagi ketika jaringan ini sudah terimplementasikan ke publik.

baca juga: Galaxy Fold di Indonesia Dukung 5G Juga? Begini Jawaban Samsung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.