Waspada! Sederet Tanda Ini Tunjukkan Koneksi WiFi Rawan Penyadapan

0
2153
Free WiFi Zone
Free WiFi Zone; Copyright©Abi Blog Teknik

WiFi Gratis yang Rawan Penyadapan

Oketekno – Jangan mudah percaya terhadap godaan WiFi yang berada di publik, dikarenakan itu tidak sepenuhnya benar dan aman. Memang sih ada beberapa yang menawarkan WiFi Gratis, seperti di tempat kopi, ataupun di tempat keramaian dimana yang menyediakan adalah pemilik jaringan secara resmi.

Semisal seperti Telkom (@wifi.id) dan Biznet misalnya, dimana kedua pelayan internet ini menawarkan masa pemakaian gratis selama beberapa waktu tertentu. Koneksi tersebut diberikan karena memang untuk memberikan contoh pelayanan maksimal yang bisa diberikan oleh jaringan tersebut. Dan kalian bisa mengaksesnya secara aman.

Baca Juga: Baterai Jumbo dan Fast Charging, Harga Redmi 8A Cuman Rp 1,4 Juta

Kalau ada koneksi jaringan WiFi Gratis di tempat umum dan namanya tidak cukup dikenal, jangan sambungkan guys. Bisa jadi itu cuman pancingan dari pihak lain yang ingin menginfeksi perangkat kalian, dan berbahaya pastinya. Lantas, seperti apakah tanda koneksi yang berbahaya ini? Berikut daftarnya.

WiFi Gratis Berbahaya
WiFi Gratis Berbahaya; Copyright©Jurnal Security
  1. Tidak Memiliki Halaman ToS

Ketika lembaga resmi seperti Telkom ataupun Biznet tentu saja ketika terhubung akan mengarahkan kalian ke halaman login, dimana disana termuat banyak informasi di dalamnya. Akan tetapi kalau tidak demikian, jadi WiFi Gratis tersebut tidak bisa dipercaya keamanannya.

Baca Juga: Cara Mempercepat Jaringan WiFi di Android Tanpa Aplikasi, Dijamin Berhasil!

  1. Tanpa Password

Ini bisa ditemukan di tempat-tempat penginapan, café, warkop, dan lain sebagainya. Dimana mereka yang pasti akan memberikan kata sandi ketika pelanggan meminta untuk mendapatkan akses internet. Tapi kalau tidak ada password, harus waspada banget tuh, jangan sampai kecolongan.

  1. Internet Lambat

Cukup sulit sih tanda satu ini ditemukan, karena tergantung dari kapasitas penyedia layanan dan banyaknya jumlah pemakai. Kalau memang bandwith kecil dan pemakai banyak, koneksi WiFi terpercaya sekalipun pasti akan terasa lambat. Namun internet lambat dalam artian berbahaya ini, karena peretas memanfaatkan koneksi internet itu untuk mencabangkan koneksinya ke perangkat korban guna mencuri data.

  1. Aplikasi Not Responding atau Forced Close

Ketika perangkat kalian secara misterius berhenti bekerja dan ponsel mendadak menutup aplikasi yang berjalan. Jangan diteruskan, sebab WiFi Gratis itu berpotensi besar memang berbahaya, dan sudah ada beberapa virus masuk atau menginfeksi perangkat.

Itulah beberapa tanda yang dapat kalian waspadai ketika terhubung ke jaringan WiFi Gratis yang ada di publik. Jadi, jangan mudah terpancing dengan koneksi gratisan ya.

baca juga: Sederet HP OPPO yang Dapatkan Potongan Harga Hingga Rp 3 Juta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.