iPhone 11 Pro Diketahui Langgar Privasi Pengguna Layaknya HP Android

0
604
iPhone 11 Pro Termurah
Copyright©Nikkei

iPhone 11 Pro Tunjukkan Pengintaian Data

Oketekno – Meski pada dasarnya diketahui kalau itu melanggar privasi, akan tetapi pihak Google diketahui masih melakukan pelacakan terhadap beberapa pengguna HP Android demi merekam data lokasinya. Akan tetapi pengguna juga diberikan opsi untuk mematikan atau mengaktifkan fitur rekam jejak ini, walaupun tidak sepenuhnya.

Dan ternyata kejadian serupa mendatangi pengguna ponsel berbasis iOS 13, dimana disebutkan kalau iPhone 11 Pro yang menjalankan OS tersebut jejaknya dapat terekam. Pada dasarnya Apple telah memberitahukan kalau pengaturan privasi telah ditingkatkan pada sistem operasi terbarunya itu, namun lokasi pengguna masih terlacak meski Location Services telah dimatikan sekalipun.

Simak Nih: Waspada! Sederet Tanda Ini Tunjukkan Koneksi WiFi Rawan Penyadapan

Krebs on Security telah melaporkan kejadian tersebut, dimana mereka mendapati kalau perangkat iPhone 11 Pro yang digunakan tetap melakukan ping modul GPS untuk melakukan pengumpulan data lokasi tanpa menyembunyikannya.

Matikan GPS
Matikan GPS; Copyright©YouTube

Dan kalau mengacu pada kebijakan privasi Apple sendiri, untuk perangkat iPhone memang secara berkala mengirimkan lokasi pada titik WiFi atau menara seluler yang memang dibentuk secara anonim dan terenkripsi. Dan Apple menyebut kalau ini bisa dimatikan secara sistematis per aplikasi.

Baca Juga: Baterai Jumbo dan Fast Charging, Harga Redmi 8A Cuman Rp 1,4 Juta

Akan tetapi perangkat iPhone 11 Pro yang digunakan oleh Kreb on Security tidak demikian, dimana dalam unggahan videonya ditunjukkan kalau Ping GPS ke server masih terus dilakukan secara misterius ketika kembali online. Padahal Location Services per aplikasi sudah dimatikan. Ketika penerimaan data dimatikan memang tidak terjadi apa-apa, namun ketika kembali online langsung diserbu ping ke server yang dimaksud.

Kemudian tanggapan engineer Apple mengenai hal tersebut yakni, ikon panah yang muncul ketika Location Services diaktifkan adalah sesuatu yang wajar, dan tidak ada resiko keamanan terlihat. Dan untuk ikon tersebut sebenarnya juga bisa muncul ketika Location Services dimatikan sekalipun, sebab ada layanan sistem yang tidak memiliki tombol Switch di Settings.

Melansir dari GSMArena, hal inilah yang menjadi tanda tanya terhadap Apple, apakah ada fitur yang disembunyikan di iPhone 11 Pro atau lainnya, dimana itu tidak dapat dimatikan. Masih belum ada respon secara resmi dari Apple sendiri mengenai temuan Krebs tersebut.

baca juga: Sederet HP OPPO yang Dapatkan Potongan Harga Hingga Rp 3 Juta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.