Jaga Privasi, Menkominfo Berencana Bangun Server Google dan Facebook di Indonesia

0
567
Facebook
Copyright ©Cnet

Menkominfo Sudah Bahas Ini dengan Perwakilan AS

Oketekno – Untuk wacana berikut bukan sekedar omongan saja, melainkan sudah dalam tahap diskusi antara pihak perusahaan dengan pemerintah. Seperti yang diketahui bahwa kemarin tanggal 5 Desember 2019 perwakilan perusahaan teknologi Amerika Serikat telah menyambangi Istana Negara untuk membahas tentang perdagangan sampai teknologi.

Dalam pertemuan tersebut, Johnny G Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika telah membahas mulai dari asa pariwisata, bidang energi, bidang perdagangan umum dan manufaktur, bidang perbankan serta keuangan sampai bidang Information and Communication Technologies (ICT).

Baca Juga: Alasan Facebook Watch Lebih Menarik Ketimbang YouTube

“Bidang ICT dibicarakan berbagai hal pertama integrasi data kemudian bagaimana persiapan menuju 5G dan tentunya terkait persiapan human resources kita,” seperti itulah yang disampaikan oleh Menkominfo dalam pertemuan di Istana Negara kemarin lalu.

Johnny G Plate
Johnny G Plate; Copyright©CNBCIndonesia

Bukan cuman itu saja, Johnny juga tidak lupa untuk membahas tentang data center dari perusahaan AS seperti Google dan juga Facebook. Akan tetapi pembangunan ini sepertinya belum bisa melangkah lebih jauh lagi, dikarenakan bergantung pada UU Perlindungan Data Pribadi.

“Permasalahannya ada dua, letak data center dan flow datanya. Free flow of data baik dalam negeri maupun melewati batas negara perlu ada protokolnya dan dia resiprokal. Standarnya di PBB belum ada, ini yang harus dibicarakan sama-sama. Masing-masing negara punya GDPR (aturan perlindungan data), Indonesia sedang proses di DPR diharapkan tahun 2020 sudah ada. Bagaimana lintas batas negara ada di PBB untuk bersama-sama atau bilateral, resiprokal seperti apa. Kedua free flow data itu apa basis kepercayaan saja atau ada standar yang dipatuhi bersama.” Begitulah yang diungkap oleh Johnny G Plate.

Perlu diketahui bahwa dengan adanya data center yang tertanamkan di Indonesia, jelas saja mendatang data pengguna Facebook ataupun Google bisa lebih terjaga keamanannya, privasi pengguna yang berasal dari Tanah Air dapat lebih terkendali, dikarenakan ada keterlibatan pihak pemerintah secara langsung.

baca juga: Daftar HP yang Sudah Waktunya Tamat, Tak Lagi Didukung WhatsApp!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.