Apple dan Samsung Digugat Karena Bahayakan Penggunanya

0
451
Samsung dan Apple
Samsung dan Apple; Copyright©lazone

Radiasi Smartphone Samsung dan Apple Terlalu Besar

Oketekno – Walaupun kini Apple telah mengalami penurunan market share yang luar biasa, akan tetapi masih dianggap menjadi salah satu vendor paling berpengaruh di pasar Smartphone Dunia. Sedangkan Samsung untuk sementara ini masih bertahan di posisi puncak, namun market share-nya sudah mulai terancam dengan brand lain, terutama yang berasal dari China.

Akan tetapi kini bukan itu yang dibahas, melainkan tentang ancaman yang dilontarkan terhadap duo brand Smartphone ternama di Dunia tersebut. FeganScott telah meminta kepada pihak pengadilan US District Court di Northern District of California, San Francisco, Amerika Serikat agar kedua perusahaan tersebut membayar sejumlah uang lantaran telah melakukan pemantauan medis terhadap penggunanya.

Baca Juga: Top 10 HP Android Tercepat Bulan Kemarin, Dua Terbaik Sudah Rilis di Indonesia!

Untuk gugatannya ini diajukan setelah FeganScott menyewa laboratiorium yang sudah mendapatkan akreditasi dari FCC guna mengkonfirmasi besarnya radiasi dari radio Frequency yang dipancarkan oleh sejumlah perangkat besutan Apple dan Samsung. Dan ternyata hasil yang didapatkan telah melewati batas legal yang telah ditetapkan oleh pihak FCC.

Samsung iPhone
Samsung iPhone; Copyright©PhoneArena

“Ponsel Apple dan Samsung sudah mengubah cara hidup kita. Orang dewasa, remaja, dan anak-anak sejak bangun tidur sudah menggunakan ponsel untuk mengecek email, bermain game, dan mengerjakan tugas sekolahnya. Mereka membawa perangkat ini di kantongnya seharian dan bahkan tertidur dengan ponsel di kasurnya. Mereka (Samsung dan Apple) mengatakan pada konsumen kalau (ponselnya) aman, jadi kami merasa penting untuk melakukan pengujian paparan radiasi RF kalau klaim tersebut benar. Ternyata ini tidak benar. Tes independen mengkonfirmasi kalau tingkat radiasi RF jauh melewati batas paparan federal, terkadang melewatinya sampai 500% lebih tinggi saat ponselnya digunakan dengan cara yang disarankan oleh Apple dan Samsung. Konsumen layak untuk mengetahui kebenaran ini,” begitulah ungkap Fegan.

Baca Juga: 4 Kelebihan ASUS ROG Phone 2 yang Tidak Dimiliki Smartphone Gaming Pesaing

Menurut data yang disampaikan oleh FeganScott, dalam jarak 2mm perangkat iPhone 8 dan Galaxy S8 telah memancarkan radiasi RF 2x lebih besar ketimbang batas legal. Dan pada jarak 0mm, iPhone 8 5x lebih besar, sedangkan Galaxy S8 hanya 3 kali lebih besar dari batas normal. Bukan cuman itu, sebagian besar perangkat Apple dan Samsung yang diuji di lab tersebut, mendapatkan hasil sama.

Perlu diketahui bahwa dalam jarak 2mm, jumlah radiasi yang diizinkan oleh FCC ini cuman 1,6 watt/kg saja. Sedangkan untuk Samsung Galaxy S9 telah memiliki pancaran radiasi sebesar 8,22 wat/kg dalam pengujian tersebut.

baca juga: 7 Smartphone Paling Hangat di Indonesia dan Harganya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.