Antivirus yang Populer Banget Ini Bertindak Mencurigakan, Langsung Block Sekarang!

0
903
AntiVirus Kenamaan
AntiVirus; Copyright©PCMag

Avast Bertindak Mencurigakan

Oketekno – Hampir semua kalangan pastinya tidak lagi asing dengan nama Avast, bukan cuman menciptakan aplikasi antivirus yang kini dipakai dan diandalkan banyak kalangan saja. Melainkan perusahaan keamanan ini sering kali merilis sederet aplikasi berbahaya lainnya yang bertindak mencurigakan dan membahayakan privasi pengguna.

Akan tetapi baru-baru ini perusahaan Avast dan AVG tengah mengalami isu miring, terkait ekstensi browser yang diciptakannya. Untuk ekstensi browser itu diantaranya yakni seperti Avast Online Security, AVG Online Security, Avast SafePrice, dan AVG SafePrice. Dan masing-masing ekstensi ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Baca Juga: 4 Kelebihan ASUS ROG Phone 2 yang Tidak Dimiliki Smartphone Gaming Pesaing

Diantaranya yakni ada yang berguna untuk melakukan pemindaian terhadap situs yang dikunjungi oleh pengguna dan segera memberikan peringatan ketika terdeteksi ada sesuatu yang berbahaya di situs tersebut. Kemudian ada ekstensi yang diciptakan untuk melindungi aktivitas belanja online yang dilakukan oleh pengguna, agar tidak mudah tertipu.

Avast
Avast; Copyright©Istimewa

Akan tetapi melalui postingan blognya, Wladimir Palant telah menemukan beberapa hal mencurigakan yang dilakukan oleh Avast. Yakni terkait jumlah data yang dikumpulkan oleh ekstensi pembesut antivirus populer ini sangat banyak, dan bahkan lebih banyak jika dibandingkan dengan data yang diperlukan untuk mendeteksi keamanan siber yang ditawarkan.

Baca Juga: 7 Smartphone Paling Hangat di Indonesia dan Harganya

Dan jelas saja Palant langsung melaporkan kejadian ini pada pembesut aplikasi browser kenamaan seperti Mozilla, Google, hingga Opera. Dan laporannya itu tidak lama kemudian dilakukan tindak lanjut oleh developer. Seperti Mozilla ini misalnya, dimana telah mengambil tindakan untuk mencabut ekstensi yang dimaksud dan menghubungi pihak Avast berkenaan dengan masalah tersebut.

Sedangkan untuk Opera juga melaporkan kalau pihaknya segera menghapus ekstensi tersebut dari daftarnya, dan pihak Google masih belum ada respon sampai sekarang. Ekstensi yang dimaksudkan sampai sekarang juga masih ada di Chrome.

Dalam laporannya ini Palant tidak menemukan tindakan berbahaya, dan ekstensi masih tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Cuman pembuat antivirus kenamaan ini terlalu banyak mengumpulkan data dimana ini seharusnya tidak diperlukan oleh perusahaan seperti Avast.

baca juga: Tips Mendengarkan Pesan Suara WhatsApp Diam-Diam Tanpa Headset

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.