Samsung Siapkan Kejutan Lewat Performa Galaxy S11

0
352
Samsung Galaxy S11
Samsung Galaxy S11; Copyright©GSMArena

Samsung Galaxy S11 dengan Chipset Exynos 990 Untuk Wilayah Eropa

OketeknoSamsung Galaxy S11 diduga kuat akan diluncurkan kurang dari 3 bulan lagi, sehingga berbagai macam informasi tentang Smartphone Premium tersebut sudah sewajarnya banyak bermunculan di jagat maya. Paling terbaru ini mengenai perubahan strateginya dalam menerapkan chipset Smartphone.

Disebutkan kalau chip processor Qualcomm dan Exynos akan dibalik wilayah pemasarannya. Dengan demikian, untuk Galaxy S11 dengan chipset Exynos 990 mendatang akan tersedia di pasar Eropa saja. Sedangkan Galaxy S11 dengan chipset Snapdragon 865 nantinya akan tersedia untuk pasar Amerika Serikat, Jepang, China, dan Negara Asia lainnya termasuk Indonesia.

Baca Juga: Harga Smartphone 5G Bakal Lebih Cepat Murahnya

Berdasarkan informasi yang beredar luas di publik, menyebutkan kalau eksekutif Samsung menerapkan langkah ini dikarenakan chip Snapdragon 865 memiliki kemampuan lebih tinggi dibandingkan Exynos 990 yang sudah dipamerkan sejak bulan Oktober 2019 kemarin. Pada saat itu Samsung menyebut kalau chip terbarunya ini memiliki kemampuan 20% lebih tinggi ketimbang Exynos 9825 yang dipakai oleh Samsung Galaxy Note 10 series.

Qualcomm Snapdragon 865 5G
Qualcomm Snapdragon 865 5G; Copyright©XDA Developers

Akan tetapi sepertinya kemampuan tersebut masih belum bisa melampaui Snapdragon 865 yang mengalami peningkatan lebih tinggi ketimbang generasi sebelumnya. Dan fakta uniknya yakni, Chip Snapdragon ataupun Exynos ini diproduksi oleh Samsung semuanya menggunakan teknologi pemrosesan 7nm EUV.

Baca Juga: Tips Mengaktifkan WhatsApp dengan Nomor yang Tidak Aktif, 100% Sukses!

Hal yang membuatnya berbeda dari kedua chip untuk Samsung Galaxy S11 ini yakni core yang dipakai. Dimana Snapdragon 865 akan menggunakan core ARM paling kencang, Cortex-A77. Sedangkan untuk Exynos 990 disebut masih menggunakan Cortex-A76 model lama.

Bukan cuman itu saja, nantinya Snapdragon 865 juga akan dilengkapi dengan Neural Processing Unit (NPU) untuk kebutuhan AI dimana bisa memproses sampai 15 Tera Operation Per Second (TOPS), sedangkan Exynos 990 dilengkapi dengan NPU juga, namun cuman bisa sampai 10 TOPS saja. Begitu juga dengan Image Signal Processor yang bisa ditangkap, dimana Qualcomm menggunakan Spectra 480 yang bisa dukung resolusi kamera sampai 200MP. Beda dengan chip terbaru Exynos yang cuman bisa sampai 108MP saja untuk saat ini.

Sekilas tentang Samsung Galaxy S11 dimana dikatakan bakal hadir dalam 3 varian lagi, yakni S11e dengan layar 6,2 inci, S11 dengan layar seluas 6,5 inci, dan S11+ dengan layar 6,8 inci. Ketiga ponsel ini akan dilengkapi dengan layar yang punya refresh rate 120Hz.

baca juga: Mulai Dijual, Harga OPPO Reno 10X Zoom 12GB Malah Lebih Terjangkau!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.