Heboh Akun WhatsApp Rawan Bajak di Indonesia

0
682
WhatsApp Hack
WhatsApp Hack; Copyright©Financial Times

Benarkah Akun WhatsApp Bisa Dibajak dengan Mudah?

Oketekno – Permasalahan dari pribadi atau suatu hal yang kecil, bisa menyebar ke khalayak luas seluruh Indonesia atau bahkan sampai ke Luar Negeri sudah menjadi hal biasa. Dimana belum lama ini tengah hangat diperbincangkan soal rawan pembajakan akun WhatsApp yang tengah mengintai penggunanya di Indonesia. Benarkah bisa dilakukan pembajakan semudah itu?

Sebagai developer, Facebook tidak mengecualikan sistem keamanan yang ditawarkan di Indonesia ataupun Negara lain. Pengguna mendapatkan hak perlindungan data dan akun dengan baik, sehingga pembajakan akun tidak bisa dilakukan dengan gampang seperti itu.

Baca Juga: 3 HP Xiaomi Sejutaan yang Masih Lancar Untuk Main Game Terpopuler Saat Ini

Hebohnya masalah pembajakan akun W.A ini berawal dari akun ustadz kondang Tanah Air di pengadilan. Tergugat mengungkap kalau chat tersebut telah didapatkan dari hasil kloning akun WhatsApp miliknya, dimana pihak lawan berusaha menjatuhkan tergugat dengan bukti chatting yang menjurus ke dalam kasus perselingkuhan.

WhatsApp Web Code
Copyright ©Istimewa

Ketika perangkat yang digunakan sebagai akun utama WhatsApp itu aman terus berada di tangan penggunanya, maka bisa terjamin keamanan akun kalian. Dikarenakan akun tidak bisa disadap tanpa melakukan kontak fisik terhadap perangkat korbannya, atau mungkin sekedar mendapatkan verifikasi dari nomor yang hendak didaftarkan.

Baca Juga: Mulai Dijual, Harga OPPO Reno 10X Zoom 12GB Malah Lebih Terjangkau!

Pembajakan bisa dilakukan dengan mudah melalui WhatsApp Web, dimana pengguna bisa tanpa curiga kalau akun miliknya tengah dibajak oleh orang lain. Sebab di perangkat Komputer/ laptop yang terhubung ke W.A Web tetap bisa terus melakukan pemantauan isi pesan hingga melayangkan balasan tanpa sepengetahuan korban.

Namun ini kembali lagi ke kontak fisik, dimana untuk terhubung ke sana, pelaku harus melakukan pemindaian kode QR yang terpampang di layar muka W.A Web. Dan setelah dilakukan pemindaian, maka secara otomatis akun bisa langsung terhubung.

Dan untuk penggunaan metode lain yang lebih rumit namun lebih aman yakni hacking. Dimana pelaku bisa mengirimkan malware ke perangkat target, dimana malware itu nantinya bisa mengambil alih ponsel pengguna dan mengoperasikan aplikasi WhatsApp dengan bebas. Jadi bukan aplikasi perpesanan itu saja yang terancam, melainkan aplikasi lain termasuk Facebook, Instagram dan yang lainnya juga bisa ikutan jadi korban.

baca juga: Duo HP Samsung yang Lama Dinanti Ini Akhirnya Dirilis Juga, Harganya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.