Bukan Cuman Huawei, Seluruh HP Android Tak Dapat Dukungan Google Disini

0
1550
Redmi Note 7
Redmi Note 7; Copyright©Bukalapak

HP Android Tidak Bisa Nikmati Layanan Google di Turki

Oketekno – Seperti yang kita ketahui bahwasanya Huawei masih berani untuk merilis Smartphone terbarunya ke berbagai Negara meski tanpa dukungan Google sekalipun. Ini berkaitan dengan masalah perang dagang AS dengan China, dimana Huawei juga menjadi salah satu kecurigakan AS lantaran masalah mata-mata di perangkatnya. Namun ternyata kalau disini, seluruh HP Android tidak mendapatkan dukungan Google loh.

Tidak perduli dari Huawei, Samsung, OPPO, atau vendor lainnya kalau sudah masuk ke Turki tidak akan mendapatkan lisensi dari Google untuk dukungan beberapa layanan yang sudah menjadi pasangannya sistem operasi Android. Dengan demikian, ponsel yang dimasukkan kesana nasibnya sama seperti Huawei Mate 30 dan Mate 30 Pro tanpa terkecuali.

Baca Juga: 4 Tanda yang Menunjukkan Kalian Sudah Waktunya Ganti HP

Hal ini dikarenakan pihak Google tidak mau memberikan lisensinya kalau dipasarkan di Turki, dikarenakan ini ada kaitannya dengan perselisihan antara raksasa internet tersebut dengan pihak pemerintah. Dimana perselisihan ini diawali dengan hukuman denda sebesar US$ 17,3 juta dari pihak pemerintah Turki terhadap Google, atas pelanggaran antimonopoli.

Toko Smartphone
Toko HP Android; Copyright©Tirto

Dan hukuman ini telah ditanggapi oleh Google, dimana perusahaan tersebut langsung mengubah perjanjiannya dengan sederet rekan bisnisnya, salah satu paling berpengaruh yakni industri Smartphone. Pihak pemerintah Turki disebutkan tidak setuju terhadap perubahan ini dikarenakan pengguna tetap tidak bisa mengubah mesin pencari default pada HP Android.

Lantas Google memberikan solusi dengan memberikan pengumuman terhadap para pabrikan Smartphone kalau pihaknya tidak akan menyetujui permintaan lisensi untuk Ponsel Android yang dipasarkan di Turki. Dengan demikian, perangkat tersebut tidak akan mendapatkan akses ke Google Play Store, Gmail, YouTube, Gmaps, dan masih banyak lagi lainnya.

Akan tetapi pihak Google memastikan kalau HP Android yang sudah ada di pasaran tidak akan terdampak terhadap perubahan ini, sehingga mereka tetap bisa mengoperasikan perangkatnya seperti biasa. Sedangkan Smartphone Android yang baru datang baru tidak akan mendapatkan dukungan layanan Google tersebut.

baca juga: Tiba-Tiba Smartphone Perdana dengan Chip Tercepat dari Qualcomm Resmi Diumumkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.