Bahaya! Update WhatsApp Kalian Sekarang Jika Tidak Mau Error Begini

0
1018
WA Error
WA Error; Copyright©newsdio

Celah Keamanan Ini Bikin WhatsApp Pengguna Error

Oketekno – Lagi-lagi permasalahan telah ditemukan di platform pesan instant terpopuler di Dunia, dimana untuk penyebabnya sendiri merupakan hal sepele akan tetapi bisa berdampak masalah yang serius terhadap akun pengguna. Celah keamanan kali ini telah mengancam masuk melalui WhatsApp Grup dari setiap akun.

Peretas dimungkinkan untuk menimbulkan kekacauan di grup W.A hingga menyebabkan kerusakan aplikasi di seluruh perangkat anggota yang tergabung di dalamnya. Dengan demikian, pengguna nantinya akan mengalami error ketika membuka aplikasi ini, dan diharuskan memasang ulang untuk memperbaikinya.

Baca Juga: Samsung Resmi Umumkan HP Android Termurahnya

Berdasarkan informasi terbaru dari Independent menyebutkan kalau periset biro sekuriti Check Point telah mengatakan jika peretas awalnya masuk ke dalam grup yang menjadi targetnya. Kemudian mereka nantinya akan mengirimkan sebuah pesan yang telah dimodifikasi ke grup yang bersangkutan.

Block Chat WhatsApp
Block Chat WhatsApp; Copyright©TribunNews

Nantinya pesan inilah yang bakal membuat pengguna lain dalam grup WhatsApp yang sama tidak dapat menggunakan fungsi-fungsi dalam aplikasi sebagaimana mestinya. Dan pengguna harus melepas aplikasi tersebut dan menghapus seluruh cache di perangkat terlebih dahulu, dan baru memasangnya lagi untuk mengembalikan seperti semula. Serta jangan tertinggal pula untuk menghapus grup yang telah terkontaminasi tadi.

Baca Juga: Fitur WhatsApp Terbaru Paling Favorit di 2019

“Karena WhatsApp merupakan saluran komunikasi terdepan buat konsumer, pebisnis dan pemerintah, kemampuan untuk menghentikan orang menggunakan WhatsApp dan menghapus informasi berharga dari grup adalah senjata besar bagi pelaku. Seluruh user WhatsApp harus update ke versi terkini dari aplikasi itu untuk melindungi diri mereka terhadap kemungkinan serangan ini,” seperti itulah yang diungkap oleh Ided Vanunu selaku Head of Product Vulnerability Check Point dikutip dari Yahoo News.

Menanggapi masalah tersebut, pihak WhatsApp tidak menyangkal kalau memang ada celah keamanan tersebut. Akan tetapi pihaknya sudah bertindak cepat untuk mengamankan para pengguna. Bahkan Ehran Kret sebagai Software Engineer W.A telah mengungkap kalau pihaknya juga telah menambahkan kontrol baru guna mencegah orang untuk ditambahkan ke dalam grup secara sembarangan. Sehingga kejadian semacam ini akan lebih sulit dilakukan.

baca juga: Pakai Kartu Ini Dijamin Dapat Kuota Gratis 1GB Per Hari Untuk Main Game

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.