Sudah Berlangsung 3 Tahun, Kebusukan Pabrik iPhone Ini Baru Terungkap

0
2268
iPhone 11 Pro Termurah
Copyright©Nikkei

Ternyata Beberapa Ponsel iPhone Dibuat dari Barang Cacat

Oketekno – Apple menjadi salah satu perusahaan paling berpengaruh di Dunia, banyak perangkat dan software yang diciptakannya. Salah satu paling berpengaruh di pasar yakni Smartphone iPhone, dimana untuk perakitannya tidak dilakukan sendiri oleh perusahaan, melainkan melibatkan pihak lain.

Perusahaan perakit yang telah dipercaya selama bertahun-tahun oleh Apple yakni Foxconn. Pabrik ini berkantor pusat di China, dimana di Negara tersebut terkenal dengan komponen hingga upah tenaga kerja yang tidak terlalu besar, sehingga tekanan harga produksi bisa didapatkan dengan baik.

Baca Juga: Turun! Segini Harga Baru Vivo S1 Pro di Pasaran

Namun belum lama ini ada kejadian kurang menyenangkan yang menimpa pabrik perakit iPhone tersebut, dimana beberapa karyawan baru ketahuan kalau mereka menggunakan komponen yang tak lolos dari uji kualitas alias cacat. Jelas saja ini akan membahayakan pengguna hingga berdampak pada kualitas produk Apple.

Foxconn
Foxconn; Copyright©Internet

Sebagaimana standar perusahaan elektronik, dimana ketika ada perangkat yang tak lolos uji kualitas, maka tidak seharusnya masuk ke proses produksi tingkat lanjut, melainkan harus masuk bagian sampah dan langsung dihancurkan. Akan tetapi manajer yang bekerjasama dengan pebisnis dari Taiwan ini malah melanggarnya, dan tetap menggunakan komponen cacat itu pada iPhone.

Baca Juga: Samsung Resmi Umumkan HP Android Termurahnya

Dikarenakan manipulasi ini terjadi di fasilitas perakitan milik Foxconn, jelas saja perangkat tersebut akan diteruskan ke berbagai Negara untuk dijual sebagaimana perangkat Smartphone Apple yang asli. Begitulah informasi yang dikutip dari Apple Insider.

Untuk penipuan semacam ini disebut sudah berlangsung selama 3 tahun belakang, dan Apple baru mengetahuinya pada bulan Juni 2019 kemarin, dan langsung memicu audit internal di Foxconn. Dikarenakan untuk penipuan ini setidaknya telah menghasilkan pemasukan setidaknya US$ 43 juta atau setara dengan Rp 601 miliar.

Mantan bos Foxconn bernama Terry Gou juga tidak mau berkomentar terkait permasalahan perakitan ponsel iPhone menggunakan komponen cacat ini. Hanya saja ia mengungkap kalau masalah ini tak mengejutkan kalau melihat besarnya perusahaan tersebut.

baca juga: Apple Kepergok Ingin Rilis iPhone dengan Fingerprint Bawah Layar Juga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.