Alasan Facebook Hapus Salah Satu Fitur Keamanan Pentingnya

0
303
Facebook Warning
Copyright©g3tech

Facebook Perbaiki Autentikasi Pakai Nomor Telepon

Oketekno – Untuk menjaga keamanan pengguna, platform Facebook telah menggunakan autentikasi nomor telepon. Perusahaan besutan Mark Zuckerberg melakukan ini semua dengan tujuan untuk menjaga privasi para penggunanya, serta keamanan akun dari tindak peretasan yang setiap hari selalu mengintai pengguna.

Dari informasi yang dikutip dari Reuters menyebutkan kalau pada awal tahun kemarin perusahaan sosial media terbesar di Dunia ini telah menggunakan data autentikasi dua faktor menggunakan nomor telepon ataupun email untuk memberikan penayangan iklan tertarget. Dengan demikian, apapun yang diinginkan pengguna bisa diketahui dengan mudah.

Baca Juga: Waspada! 4 Hero Ini Bisa Bunuh Grock dengan Instant di Mobile Legends

Akan tetapi pada bulan Juni kemarin platform jejaring sosial terbesar ini telah menghentikan penggunaan nomor telepon untuk iklan dan sekarang bakal berhenti untuk menggunakan informasi guna menyarankan orang yang mungkin dikenalnya, sehingga bisa saling terhubung di satu platform terhadap platform lainnya.

Copyright©TechCrunch

Laporan tersebut meyakinkan terhadap perubahan autentifikasi sebagai upaya perbaikan privasi pengguna setelah FTC menentukan kalau perusahaan Facebook telah melakukan kesalahan, dan terkena denda sebesar US$ 5 miliar atau setara dengan Rp 70 Triliun.

Baca Juga: Diskon Akhir Tahun Bikin Harga Vivo V15 Tinggal Segini

“Berdasarkan feedback dari komunitas privasi dan keamanan, kami telah mulai memperbarui fitur autentikasi dua faktor sehingga nomor telepon yang ditambahkan orang di sini tidak akan digunakan untuk menyarankan teman,” seperti itulah yang disampaikan oleh juru bicara Facebook sebagaimana dikutip dari CNET.

Untuk perubahan yang dilakukan oleh perusahaan ini diyakini sebagai upaya paling besar guna memperbaiki kesalahan penyalahgunaan data yang mencapai puluhan juta pengguna. Dengan melibatkan Cambridge Analytica, data-data tersebut disalahgunakan karena tanpa seizin para penggunanya.

Peraturan terkait penggunaan nomor untuk autentifikasi ini telah diatur dalam Peraturan Perlindungan Data Umum di Uni Eropa, Undang-Undang Privasi Konsumen California, dan Undang-Undang Privasi Komprehensif di California yang rencananya mulai berlaku awal tahun depan. Dan sebelum diperluas ke layanannya secara global di tahun 2020, Facebook berencana untuk mulai memperbaiki dulu di Pakistan, Ekuador, Libya, Ethiopia dan Kamboja pekan ini.

baca juga: Trik Menyimpan Nomor Lewat WhatsApp Web yang Jarang Diketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.