Waspada! Ratusan Aplikasi Android Berbahaya Tengah Mengancam Ponsel Kalian

0
442
Google Play Store Jebol
Google Play Store Jebol; Copyright©TeknoSmash

Ratusan Aplikasi Android Dilaporkan Berbahaya, Ini Salah Satunya!

OKETEKNO – Berdasarkan data yang dipublikasikan, ternyata jumlah pengguna ponsel berbasis Android tidaklah sedikit. Diketahui kalau sekarang ini sudah digunakan oleh lebih dari 2,5 miliar pengguna di Dunia, dimana ini merupakan hasil kalkulasi dari setiap vendor HP Android yang menawarkan.

Karena saking banyaknya jumlah pengguna ini, maka tidak ayal kalau banyak bahaya tengah mengancam para penggunanya. Terlebih untuk penyebaran adware, dimana kerap kali lolos dari sistem filter keamanan yang telah ditawarkan oleh Google Play Protect. Dengan demikian, pengguna harap selalu waspada terhadap aplikasi android yang didapat dari pihak ketiga ataupun Play Store sekalipun.

Baca Juga: Pengguna WhatsApp Harap Berhati-Hati Terhadap Aplikasi Ini

Dan terbaru kali ini ada laporan dari tim Barracuda Security yang mengatakan kalau pihaknya menemukan setidaknya ada sekitar 200 aplikasi jahat mengandung adware, dimana aplikasi tersebut siap untuk menyerang perangkat setiap pengguna yang memasangnya. Aplikasi ini nanti tidak perlu izin yang real untuk eksploitasi ponsel pengguna, melainkan akan menggunakan sistem kombinasi izin.

Android Malware
Android Malware; Copyright©Liputan6

Disamping itu tim keamanan siber White Ops juga telah mendeteksi adanya 116 aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 4,6 juta, diklaim telah melakukan iklan penipuan. Sebagaimana dikutip dari Express, perusahaan ini mengungkap kalau aplikasi android yang berbahaya ini menggunakan kode “Soraka” dan “Sogo”.

Baca Juga: Update Sekarang! Aplikasi Twitter Terancam Bahayakan Pengguna

Melalui kode tersebut, program yang dimaksud memungkinkan untuk menampilkan iklan melalui HP Android pengguna dalam keadaan tertentu. Dan White Ops telah menyebut aplikasi Best Fortune Explorer menjadi salah satu pelakunya yang bisa didapatkan dari Google Play Store dengan sangat mudah.

Aplikasi tersebut dicatat telah memanfaatkan framework yang disebut AppsFlyer, dimana ini biasa digunakan untuk analisis atribusi dan pemasaran seluler. Ketika kalian mengunduh aplikasi tersebut, maka iklan akan terus berdatangan dan jelas akan mengganggu kenyamanan penggunaan perangkat.

Lebih parahnya lagi adalah aplikasi android ini bisa menampilkan tayangan iklan video dengan durasi lebih dari 20 detik tanpa bisa di skip. Dan adware ini juga bersembunyi, serta sulit terdeteksi pula oleh aplikasi pembasmi malware sekalipun.

baca juga: Aplikasi Android Populer Ini Seharusnya Tidak Usah Dipasang di Ponsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.