Facebook dan Google Rugi Besar Cuman Gegara E-mail, Kok Bisa?

0
428
Pembobolan Facebook dan Google
Pembobolan Facebook dan Google; Copyright©logistiqua

Perusahaan Sekelas Google dan Facebook Bisa Dikelabuhi

OKETEKNO – Untuk mendaftarkan diri di platform Facebook dan Google pada dasarnya itu sangatlah mudah, mereka cuman perlu menggunakan nomor telepon, dan mengisi beberapa identitas dirinya yang dibutuhkan sebagai tanda pengenal di platform tersebut.

Dan baru-baru ini dilaporkan ada orang yang telah mengelabuhi kedua raksasa internet tersebut dalam berbagai cara yang sederhana namun rumit dan penuh taruhan. Atas kejadian ini, pengadilan federal Manhattan, Amerika Serikat telah memberikan vonis terhadap Evaldas Rimasauskas yang merupakan pelaku penipuan ini dengan hukuman penjara selama 5 tahun.

Baca Juga: Hero yang Dianggap Nggak Guna Ini Masih Mematikan Loh di Mobile Legends

Kerugian yang ditimbulkannya tidaklah sedikit, diketahui keduanya telah mengalami kerugian sebesar US$ 120 juta atau setara dengan Rp 1,67 Triliun. Bukan cuman mendapatkan hukuman penjara saja, melainkan pelaku mendapatkan pula denda sebesar US$ 26,4 juta sebagai ganti rugi terhadap perusahaan raksasa internet ini.

Facebook
Facebook; Copyright©AndoluAgency

“Evaldas Rimasauskas merancang skema berani untuk menipu perusahaan AS lebih dari USD 120 juta dan kemudian menyalurkan dana itu ke rekening bank di seluruh Dunia,” seperti itulah yang disampaikan oleh jaksa penuntut bernama Geoffrey Berman.

Baca Juga: Mengejutkan! Ada Akun Terverifikasi Kemkominfo di Situs Dewasa Populer

Dan semuanya ini bermula dari aksi Rimasauskas yang mana berpura-pura menjadi karyawan dari perusahaan manufaktur elektronik bernama Quanta Computer yang berlokasi di Taiwan. Untuk melancarkan aksinya itu, ia sampai bermodalkan stempel perusahaan yang sesuai dengan aslinya, sampai ke email palsu.

Dari email palsu inilah ia berhasil mengirimkan surat ke staf Google dan Facebook untuk meminta pembayaran atas barang dan jasa yang telah dibeli dari perusahaan Quanta, dimana pada saat itu kedua perusahaan masih menjalin kerjasama dengan Quanta.

Untuk pembayarannya tidak langsung ke perusahaan, melainkan ke sejumlah bank di luar negeri dimana telah dikuasainya. Namun pada tahun 2017 kemarin Rimasauskas ketahuan dan tertangkap, hingga pekan ini baru diumumkan seperti apakah nasib hukumannya atas penipuan terhadap Facebook dan Google.

baca juga: Waspada! Ratusan Aplikasi Android Berbahaya Tengah Mengancam Ponsel Kalian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.