Ada Ketentuan Baru Masalah Copyright di YouTube

0
416
Konten Kreator YouTube
Copyright©Hipwee

Ada 3 Fitur Baru Untuk Pelanggaran Hak Cipta YouTube

OKETEKNO – Permasalahan utama yang harus diperhatikan oleh para konten kreator sebelum membuat video yang kreatif di YouTube yakni berbagai macam ketentuan yang ada. Tidak boleh sembarangan mengunggah ulang video yang sudah ada, ini berkaitan dengan hak cipta dari konten kreator lain yang sudah bersusah payah membuat video tersebut.

Kalau memang tetap dilakukan pengunggahan ulang, atau mungkin ada beberapa part yang mengambil dari video milik orang lain, maka video yang diunggah oleh Youtuber tersebut akan terkena pelanggaran, entah itu berupa penghentian dari publikasi, dollar kuning (tidak ada penayangan iklan), hingga dihapus dari platform.

Baca Juga: Waspadai Informasi Ini Ketika Bercakap di Aplikasi WhatsApp

Sebagai salah satu konten kreator, kita harus memperhatikan setiap pembaruan yang dilakukan oleh developer. Seperti yang terjadi belum lama ini dimana pada YouTube Creator Studio, kini konten kreator dimungkinkan untuk mendapat informasi lebih mudah tentang hak cipta. Ada 3 fitur yang segera dirilis disana, sebagaimana tercantum pada blog resmi Google.

Copyright Strikes Info
Copyright Strikes Info; Copyright©Telset

Untuk pertama mengenai Copyright Strikes Info. Dimana fitur ini nantinya akan memberikan informasi terhadap pengguna ketika video yang diunggahnya melanggar hak cipta dari pihak lain.

Baca Juga: Turun Banyak, Berikut Daftar Harga Baru Samsung Galaxy A10s Hingga A50s

Beda dengan yang sebelumnya, sebab ini akan lebih detail lagi, dan bagian mana saja yang telah melanggar hak cipta tersebut, dari segi audio maupun video.

Assisted Trim
Assisted Trim; Copyright©Telset

Dan fitur kedua yakni Assisted Trim, yang memungkinkan pengguna untuk memangkas video YouTube yang telah diunggahnya. Fitur ini bisa dipakai untuk memotong bagian tertentu pada video yang dianggap melanggar hak cipta tanpa harus dilakukan take down pada video yang sudah diunggah dan mendapat views banyak.

Baca Juga: Facebook Mulai Paksa Pengguna Messenger

Terlebih kalau sudah termonetisasi, jelas langkah ini bisa memunculkan lagi iklan yang sebelumnya telah ditangguhkan pada video tersebut.

Claim Copyright
Claim Copyright; Copyright©Telset

Selanjutnya yakni filter list video Claim Copyright, dimana fitur tersebut bisa dilihat dari daftar video yang sudah diunggah di YouTube. Jadi, kita dapat memberikan langkah lebih lanjut pada video yang telah kepadatan melakukan pelanggaran hak cipta lebih mudah dan cepat.

baca juga: Terlalu Vulgar, Sederet Game Ini Nggak Bisa Kamu Dapetin di Google Play Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.