Ada Fitur yang Mirip Facebook di Android 10, Apa Itu?

0
308
HP Android Murah Android 10 Go Edition
Copyright ©Android 10 Go Edition

Android 10 Punya Fitur Notifikasi Mengambang

OKETEKNO – Sistem operasi Android 10 menjadi yang paling baru dari Google dan sampai kini masih mendapatkan optimasi untuk memberikan kepuasan maksimal terhadap setiap pengguna HP Android di Dunia. OS tersebut telah menghadirkan pembaruan di berbagai sektor, mulai dari notifikasi, tampilan, hingga kinerja ponsel.

Dan belum lama ini baru terungkap bahwasanya ada fitur notifikasi “Chat Head” yang tersedia di sistem operasi Android terbaru dari Google itu. Dimana untuk fitur notifikasi ini menjadi salah satu ciri khas yang ditawarkan oleh Facebook pada aplikasi pesan instant asli buatannya, Messenger.

Baca Juga: Cara Membuat Grup Lewat WhatsApp Web

Para pengguna bisa mendapatkan fitur tersebut di dalam pengaturan, yakni lewat Settings>> Developer Options>> Bubbles. Dengan mengaktifkan fitur ini, nantinya beberapa aplikasi terpilih bisa ditampilkan dalam bentuk notifikasi melayang berbentuk lingkaran di bagian tertentu dalam layar. Begitulah informasi yang didapatkan dari XDA Developers.

Notifikasi Mengambang Android 10
Notifikasi Mengambang Android 10; Copyright©KompasTekno

Salah satu aplikasi yang bisa ditampilkan dalam notifikasi bubbles yakni Messages. Dimana untuk aplikasi tersebut nantinya akan menampilkan Preview pesan teks yang masuk. Dan ketika di klik, nantinya pengguna akan dibawa ke jendela baru untuk melakukan pembalasan pesan. Akan tetapi kalau preview dibiarkan begitu saja, maka akan menghilang dan digantikan dengan titik notifikasi berwarna merah.

Baca Juga: Harga Realme X50 5G Terungkap, Sampai Berapa?

Melalui bubble notification, berbagai macam pemberitahuan ini nanti bisa langsung diketahui oleh pengguna sehingga pesan yang penting tidak akan terlewatkan dan segera bisa diketahui oleh pengguna. Akan tetapi beberapa kalangan jelas akan merasa terganggu dengan kehadirannya, semisal seperti kala bermain game.

Akan tetapi pengguna tidak perlu khawatir, dikarenakan fitur ini bisa dimatikan juga. Bubble bisa digeser-geser ataupun berpindah tempat di layar, atau mungkin bisa langsung dihapus dari layar dengan cara menggeser ke bagian bawah selayaknya menghapus widget.

Disebutkan kalau Google sebenarnya sudah pernah menggulirkan bubble notification ini dalam OS Android 10 Beta 2 untuk Smartphone Pixel pada bulan April kemarin. Akan tetapi pada saat pengguliran versi finalnya kemarin malah absen, namun Google perlu waktu untuk menggulirkannya untuk itu.

baca juga: 4 Smartphone Murah dengan NFC Ini Turun Harga, Cek Yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.